RAMADHAN, Riyan and MEIRANTO, Wahyu,(18 July 2016), PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2014). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
- Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan bukti empiris
mengenai pengaruh dari intellectual capital, yang diidentifikasi menggunakan
konsep input-proses-output dari human capital, customer capital,innovation
capital dan process capital, kepada kinerja perusahaan. Dari perspektif modal
berbasis sumber daya dan intelektual, model jalur struktural diterapkan untuk data
keuangan untuk menganalisis hubungan di antara empat komponen modal
intelektual, serta efek kausal modal intelektual terhadap kinerja perusahaan.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa
data dari laporan keuangan perusahaan tahun 2011-2014 yang diperoleh dari
Bursa Efek Indonesia. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang
terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dari tahun 2011-2014. Sampel dalam
penelitian berjumlah 25 perusahaan. Sampel diambil menggunakan metode
purposive sampling dengan beberapa kriteria pemilihan sampel.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak semua komponen
intellectual capital memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan.
Innovation capital memiliki hubungan positif dan signifikan dengan customer
capital dan human capital. Process capital memiliki hubungan negatif dan
signifikan dengan customer capital. Human capital memiliki hubungan positif
dan signifikan dengan kinerja perusahaan tetapi tidak signifikan terhadap
customer capital. Customer capital memiliki hubungan yang positif dan
signifikan dengan kinerja perusahaan.
Keywords : | intellectual capital, innovation capital, process capital, human capital, customer capital and business performance, intellectual capital, innovation capital, process capital, human capital, customer capital dan kinerja perusahaan |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Akuntansi |
Depositing User: | Endhar Priyo Utomo |
Date Deposited: | 14 Feb 2020 04:48 |
Last Modified: | 14 Feb 2020 04:48 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/2813 |