HANIF, Muhammad Haidar and SOESANTO, Harry,(17 July 2017), ANALISIS PENGARUH DAYA TARIK IKLAN DAN KELOMPOK ACUAN TERHADAP PERPINDAHAN MEREK LAPTOP TOSHIBA DENGAN CITRA MEREK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING ( Studi pada Eks-Pengguna Laptop Toshiba di Kota Semarang ). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
- Published Version
Download (185kB)
Download (185kB)
Text
- Published Version
Download (157kB)
Download (157kB)
Text
- Published Version
Download (269kB)
Download (269kB)
Text
- Published Version
Download (278kB)
Download (278kB)
Text
- Published Version
Download (474kB)
Download (474kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Persaingan Industri yang ketat membuat laptop merek Toshiba mengalami
penurunan persentase pada Top Brand Index selama tiga tahun berturut – turut
meskipun posisinya saat ini masih berada diperingkat kedua, namun disaat yang
sama merek – merek lain mengalami peningkatan pada TBI mereka. Hal ini tentu
saja dapat mengancam eksistensi Toshiba sebagai salah satu merek laptop yang
dikenal oleh masyarakat. Indikator utama dalam Top Brand Index, yaitu:
Commitment Share, Mind Share dan Market Share.
Melihat permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
besar pengaruh variabel daya tarik iklan, kelompok acuan terhadap perpindahan
merek pada laptop Toshiba dengan citra merek sebagai variabel intervening.Teknik
yang digunakan dalam pengambilan sampel pada penelitian ini adalah non
probability sampling dengan jumlah responden sebesar 130 responden yang
memiliki kriteria, yaitu: pernah menggunakan laptop merek Toshiba dan beralih
menggunakan merek lain. Metode analisis yang digunakan adalah uji maximum
likelihood dengan program AMOS versi 22.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya tarik iklan dan kelompok acuan
berpengaruh positif terhadap perpindahan merek baik secara langsung maupun
melalui variabel citra merek. Dimana variabel daya tarik iklan memiliki pengaruh
paling besar terhadap perpindahan merek, disusul oleh citra merek dan yang
terakhir adalah kelompok acuan.
Keywords : | Advertisement Appeals, Reference Groups, Brand Image, Brand Switching, Daya Tarik Iklan, Kelompok Acuan, Citra Merek, Perpindahan Merek |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Arief Eryka Zendy |
Date Deposited: | 19 Feb 2020 02:03 |
Last Modified: | 19 Feb 2020 02:03 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/2978 |