ANALISIS PENGARUH DAYA TARIK IKLAN DAN KELOMPOK ACUAN TERHADAP PERPINDAHAN MEREK LAPTOP TOSHIBA DENGAN CITRA MEREK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING ( Studi pada Eks-Pengguna Laptop Toshiba di Kota Semarang )

HANIF, Muhammad Haidar and SOESANTO, Harry,(17 July 2017), ANALISIS PENGARUH DAYA TARIK IKLAN DAN KELOMPOK ACUAN TERHADAP PERPINDAHAN MEREK LAPTOP TOSHIBA DENGAN CITRA MEREK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING ( Studi pada Eks-Pengguna Laptop Toshiba di Kota Semarang ). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 1. S - Cover - 12010112130105.pdf] Text - Published Version
Download (185kB)
[thumbnail of 4. S - Abstrak (Inggris) - 12010112130105.pdf] Text - Published Version
Download (157kB)
[thumbnail of 5. S - Abstrak (Indonesia) - 12010112130105.pdf] Text - Published Version
Download (269kB)
[thumbnail of 6. S - Daftar Isi - 12010112130105.pdf] Text - Published Version
Download (278kB)
[thumbnail of 12. S - Daftar Pustaka - 12010112130105.pdf] Text - Published Version
Download (474kB)
[thumbnail of 16. S - Fulltext PDF Bookmarks - 12010112130105.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Persaingan Industri yang ketat membuat laptop merek Toshiba mengalami penurunan persentase pada Top Brand Index selama tiga tahun berturut – turut meskipun posisinya saat ini masih berada diperingkat kedua, namun disaat yang sama merek – merek lain mengalami peningkatan pada TBI mereka. Hal ini tentu saja dapat mengancam eksistensi Toshiba sebagai salah satu merek laptop yang dikenal oleh masyarakat. Indikator utama dalam Top Brand Index, yaitu: Commitment Share, Mind Share dan Market Share. Melihat permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis besar pengaruh variabel daya tarik iklan, kelompok acuan terhadap perpindahan merek pada laptop Toshiba dengan citra merek sebagai variabel intervening.Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel pada penelitian ini adalah non probability sampling dengan jumlah responden sebesar 130 responden yang memiliki kriteria, yaitu: pernah menggunakan laptop merek Toshiba dan beralih menggunakan merek lain. Metode analisis yang digunakan adalah uji maximum likelihood dengan program AMOS versi 22.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya tarik iklan dan kelompok acuan berpengaruh positif terhadap perpindahan merek baik secara langsung maupun melalui variabel citra merek. Dimana variabel daya tarik iklan memiliki pengaruh paling besar terhadap perpindahan merek, disusul oleh citra merek dan yang terakhir adalah kelompok acuan.
Keywords : Advertisement Appeals, Reference Groups, Brand Image, Brand Switching, Daya Tarik Iklan, Kelompok Acuan, Citra Merek, Perpindahan Merek
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Arief Eryka Zendy
Date Deposited: 19 Feb 2020 02:03
Last Modified: 19 Feb 2020 02:03
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/2978

Actions (login required)

View Item
View Item