ANALISIS PENGARUH SALES GROWTH, REO, SIZE, TATO, DAN CURRENT RATIO TERHADAP ROA DAN ROA TERHADAP BETA AKUNTANSI (ACCOUNTING BETA) (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode 2010-2014)

NUGRAHA, Pradifta Sulistya and HARYANTO, Mulyo,(24 November 2015), ANALISIS PENGARUH SALES GROWTH, REO, SIZE, TATO, DAN CURRENT RATIO TERHADAP ROA DAN ROA TERHADAP BETA AKUNTANSI (ACCOUNTING BETA) (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode 2010-2014). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16.S-Fulltext PDF Bookmarks-12010111140211.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Sales Growth, Rasio Efisiensi Operasional (REO), Ukuran Perusahaan (Size), Total Asset Turnover (TATO), dan Current Ratio (CR) terhadap Return On Assets (ROA) dan pengaruh Return On Assets (ROA) terhadap Beta Akuntansi (Accounting Beta). Teknik sampling yang digunakan di dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling dengan kriteria Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI pada periode pengamatan (2010-2014), dan menyajikan data laporan keuangan yang lengkap. Data yang digunakan di dalam penelitian ini adalah data laporan keuangan tahunan yang dipublikasikan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan sampel 38 perusahaan manufaktur dari 200 perusahaan manufaktur secara keseluruhan selama 5 tahun periode pengamatan. Metode yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan uji asumsi klasik terlebih dahulu yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi. Analisis yang digunakan pada regresi linear berganda adalah uji t pengaruh secara parsial, uji F pengaruh secara simultan dengan signifikansi sebesar 5%, dan uji koefisien determinasi. Dari hasil analisis yang ditemukan dalam penelitian ini, pada model regresi pertama menunjukkan secara parsial (uji t) terdapat pengaruh signifikan positif dari variabel Size, TATO, dan Current Ratio terhadap ROA perusahaan manufaktur di BEI periode 2010-2014 dengan nilai signifikansi kurang dari 5%. Variabel REO menunjukkan pengaruh signifikan negatif terhadap ROA perusahaan. Sementara Variabel Sales Growth menunjukkan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap ROA perusahaan. Secara simultan (uji F) variabel Sales Growth, REO, Size, TATO, dan CR berpengaruh signifikan terhadap ROA dengan nilai signifikansi 0,000. Model regresi 2 menunjukkan pengaruh signifikan positif dari ROA terhadap Beta Akuntansi (Accounting Beta) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 atau dibawah 5%.
Keywords : BOPO, Operating Efficiency Ratio, Firm Size, TATO, Current Ratio, ROA, Accounting Beta, Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Sales Growth, Rasio Efisiensi Operasional (REO), Ukuran Perusahaan (Size), Total Asset Turnover (TATO), dan Current Ratio (CR) terhadap Return On Assets (ROA) dan pengaruh Return On Assets (ROA) terhadap Beta Akuntansi (Accounting Beta). Teknik sampling yang digunakan di dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling dengan kriteria Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI pada periode pengamatan (2010-2014), dan menyajikan data laporan keuangan yang lengkap. Data yang digunakan di dalam penelitian ini adalah data laporan keuangan tahunan yang dipublikasikan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan sampel 38 perusahaan manufaktur dari 200 perusahaan manufaktur secara keseluruhan selama 5 tahun periode pengamatan. Metode yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan uji asumsi klasik terlebih dahulu yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi. Analisis yang digunakan pada regresi linear berganda adalah uji t pengaruh secara parsial, uji F pengaruh secara simultan dengan signifikansi sebesar 5%, dan uji koefisien determinasi. Dari hasil analisis yang ditemukan dalam penelitian ini, pada model regresi pertama menunjukkan secara parsial (uji t) terdapat pengaruh signifikan positif dari variabel Size, TATO, dan Current Ratio terhadap ROA perusahaan manufaktur di BEI periode 2010-2014 dengan nilai signifikansi kurang dari 5%. Variabel REO menunjukkan pengaruh signifikan negatif terhadap ROA perusahaan. Sementara Variabel Sales Growth menunjukkan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap ROA perusahaan. Secara simultan (uji F) variabel Sales Growth, REO, Size, TATO, dan CR berpengaruh signifikan terhadap ROA dengan nilai signifikansi 0,000. Model regresi 2 menunjukkan pengaruh signifikan positif dari ROA terhadap Beta Akuntansi (Accounting Beta) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 atau dibawah 5%.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Yuwono Yuwono
Date Deposited: 20 Feb 2020 13:39
Last Modified: 20 Feb 2020 13:39
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/3033

Actions (login required)

View Item
View Item