ANALISIS PENGARUH BRAND ASSOCIATIONS, BRAND AWARENESS, DAN BRAND IMAGE TERHADAP LOYALITAS MEREK DENGAN EKUITAS MEREK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA SEPATU OLAHRAGA NIKE DI KOTA SEMARANG

PUTRI, Novya Kurnianing and MUDIANTONO, Mudiantono,(29 September 2015), ANALISIS PENGARUH BRAND ASSOCIATIONS, BRAND AWARENESS, DAN BRAND IMAGE TERHADAP LOYALITAS MEREK DENGAN EKUITAS MEREK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA SEPATU OLAHRAGA NIKE DI KOTA SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16.S-Fulltext PDF Bookmarks-12010111130025.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh yang timbul dari brand associations, brand awareness, dan brand image terhadap ekuitas merek serta pengaruhnya terhadap loyalitas merek sepatu olahraga merek Nike. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah brand associations, brand awareness, dan brand image sebagai variable independen, kemudian ekuitas merek sebagai variabel intervening dan loyalitas merek sebagai variabel dependen. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 200 responden yaitu berasal dari warga di kota Semarang yang pernah menggunakan dan membeli sepatu olahraga merek Nike. Metode yang digunakan adalah Purposive Sampling dengan menyebarkan kuesioner kepada para responden. Dalam penelitian ini dikembangkan suatu model teoritis dengan mengajukan tujuh hipotesis yang akan diuji menggunakan alat analisis Structural Equation Modeling (SEM) yang dioperasikan melalui program AMOS 20.0 Berdasarkan hasil dari pengolahan data SEM untuk model yang telah memenuhi kriteria goodness of fit sebagai berikut, nilai chi-square = 100,855; probability = 0,058; RMSEA = 0,041; CMIN/DF = 1,261; GFI = 0,913; TLI = 0,986; CFI = 0,989; NFI = 0,951 dengan satu kriteria marginal yaitu AGFI = 0,870. Dengan hasil yang demikian dapat dikatakan bahwa model ini layak untuk digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa loyalitas merek dapat ditingkatkan dengan meningkatkan brand awareness yang mempengaruhi ekuitas merek sebagai penentu keberhasilan meningkatkan loyalitas merek.
Keywords : brand associations, brand awareness, brand image, brand equity, brand loyalty., brand associations, brand awareness, brand image, ekuitas merek, loyalitas merek.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Yuwono Yuwono
Date Deposited: 21 Feb 2020 13:10
Last Modified: 21 Feb 2020 13:10
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/3055

Actions (login required)

View Item
View Item