ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENINGKATAN MINAT BELI ULANG (Studi pada Jasa GO-JEK di Semarang)

ANDHIKE, Debrina and MUDIANTONO, Mudiantono,(31 January 2017), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENINGKATAN MINAT BELI ULANG (Studi pada Jasa GO-JEK di Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S=Fulltext PDF Bookmarks-12010113104268.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAKSI Munculnya GO-JEK merupakan awal dari lahirnya banyak bisnis serupa. Masyarakat mulai cerdik dalam membandingkan keuntungan yang mereka dapat dari menggunakan satu jasa dengan jasa lainnya. Ketidakpuasan konsumen menjadi salah satu alasan mereka berpaling. Dengan demikian perusahaan harus mampu mengimplementasikan strategi untuk meningkatkan minat konsumen dalam menggunakan jasa GO-JEK kembali. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh yang timbul dari kualitas pelayanan, persepsi harga, citra merek, kepercayaan, dan kepuasan pelanggan dalam meningkatkan minat beli ulang pada jasa GO-JEK. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah purposive sampling. Penelitian ini diuji dengan menggunakan 180 sampel yang dikumpulkan melalui kuesioner dan ditujukan secara khusus pada konsumen yang pernah menggunakan jasa GO-JEK minimal dua kali di wilayah Semarang. Data yang terkumpul diolah menggunakan analisis SEM (Structural Equation Modeling) dengan menguji sepuluh hipotesis melalui program AMOS versi 22.0. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek, kepercayaan, kepuasan pelanggan, dan minat beli ulang. Selanjutnya persepsi harga juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan minat beli ulang. Kepercayaan dan kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang. Sedangkan citra merek berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap minat beli ulang. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, melalui kepuasan pelanggan, memiliki pengaruh yang paling kuat terhadap minat beli ulang. Maka, untuk meningkatkan minat beli ulang, GO-JEK harus meningkatkan kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan.
Keywords : Service Quality, Price Perception, Brand Image, Trust, Customer Satisfaction, Repurchase Intention, Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Citra Merek, Kepercayaan, Kepuasan Pelanggan, Minat Beli Ulang
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Handri Herawati
Date Deposited: 25 Feb 2020 03:40
Last Modified: 25 Feb 2020 03:40
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/3117

Actions (login required)

View Item
View Item