SURATMAN, Donni Renaldy and WIDIYANTO, Ibnu,(7 December 2015), ANALISIS PENGARUH DISKUALITAS PELAYANAN TERHADAP NEGATIF WOM DENGAN KETIDAKPUASAN PASIEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA PUSKESMAS NGESREP DI KOTA SEMARANG). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (26kB)
Download (26kB)
Text
Download (147kB)
Download (147kB)
Text
Download (111kB)
Download (111kB)
Text
Download (117kB)
Download (117kB)
Text
Download (171kB)
Download (171kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya komplain atau keluhan dari
pasien setelah berkunjung ke Puskesmas Ngesrep berupa kritik dan saran. Kritik
dan saran tersebut menunjukkan adanya perasaan kurang puas pasien setelah
mengunjungi Puskesmas Ngesrep yang mungkin disebabkan karena kerusakan
pelayanan dari pengelola. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis
pengaruh diskualitas pelayanan medis dan non-medis terhadap ketidakpuasan
pasien dan negatif WOM.
Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif dan
kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini merupakan orang yang pernah berkunjung
ke Puskesmas Ngesrep berupa kritik dan saran. Kritik dan saran tersebut
menunjukkan adanya perasaan yang berjumlah 400 orang. Pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan
reliabilitasnya. Data dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil
analisis deskriptif menunjukkan bahwa diskualitas pelayanan medis, diskualitas
pelayanan non-medis, ketidakpuasan pasien, dan negatif WOM pasien puskesmas
Ngesrep tergolong rendah. Hasil pengujian statistik menunjukkan bahwa variabel
ketidakpuasan pasien berpengaruh positif terhadap negatif WOM (hipotesis 1
diterima), variabel diskualitas pelayanan medis berpengaruh positif terhadap
ketidakpuasan pasien (hipotesis 2 diterima), variabel diskualitas pelayanan medis
berpengaruh positif terhadap negatif WOM (hipotesis 3 diterima), variabel
diskualitas pelayanan non-medis berpengaruh positif terhadap ketidakpuasan
pasien (hipotesis 4 diterima), variabel diskualitas pelayanan non-medis
berpengaruh positif terhadap negatif WOM (hipotesis 5 diterima).
Keywords : | disquality service medic, disquality service non-medic, patient’s disatisfaction, negative WOM., diskualitas pelayanan medis, diskualitas pelayanan non-medis, ketidakpuasan pasien, dan negatif WOM pasien. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Nila Nurjanah |
Date Deposited: | 26 Feb 2020 03:28 |
Last Modified: | 26 Feb 2020 03:28 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/3170 |