DEWI, Novia Yuliana and HADIPRAJITNO, Paulus Th Basuki,(20 April 2016), STRATEGI TINGKAT BISNIS, PERSAINGAN PASAR, DAN MANAJEMEN LABA (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2014). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menguji dampak dari strategi tingkat bisnis dan persaingan pasar terhadap praktik manajemen laba. Penelitian ini menggunakan tipologi strategi organisasi Porter; kepemimpinan biaya dan diferensiasi. Pertama, peneliti menguji hubungan antara strategi tingkat bisnis terhadap praktik manajemen laba. Selanjutnya, peneliti melakukan pengujian lebih mendalam dengan menguji dampak dari hubungan antara strategi tingkat bisnis dan persaingan pasar terhadap praktik manajemen laba.
Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Populasi penelitian adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metoda sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan kriteria perusahaan terdaftar di Bursa Efek Indonesia sebelum tahun 2010 dan menyajikan laporan keuangan selama tahun 2011 sampai 2014 secara lengkap dengan menggunakan mata uang rupiah. Jumlah total sampel dalam penelitian ini sebanyak 180 perusahaan dari empat tahun periode pengamatan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis Ordinary Least Square (OLS).
Hasil penelitian menunjukan bahwa perusahaan yang menerapkan strategi kepemimpinan biaya memiliki kemungkinan yang lebih tinggi dalam melakukan praktik manajemen laba dan perusahaan yang menerapkan strategi diferensiasi cenderung untuk tidak melakukan praktik manajemen laba. Lebih lanjut, hasil penelitian mengindikasikan bahwa perusahaan dengan strategi kepemimpinan biaya dan berada dalam suatu lingkungan persaingan yang ketat cenderung untuk melakukan praktik manajemen laba. Di sisi lain, tingkat praktik manajemen laba dari perusahaan yang menerapkan strategi diferensiasi tidak dipengaruhi secara signifikan oleh persaingan pasar.
Keywords : | Business strategy, cost leadership, differentiation, market competition, earnings management, Strategi tingkat bisnis, kepemimpinan biaya, diferensiasi, persaingan pasar, manajemen laba |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Akuntansi |
Depositing User: | Eriana Ringgowati |
Date Deposited: | 28 Feb 2020 04:21 |
Last Modified: | 28 Feb 2020 04:21 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/3290 |