ANALISIS PENGARUH ELEMEN EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PC TABLET APPLE IPAD (Studi Kasus Pada Konsumen Apple iPad di Kota Semarang)

SUDAR, Dhany Pramana and RAHARDJO, Susilo Toto,(1 July 2014), ANALISIS PENGARUH ELEMEN EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PC TABLET APPLE IPAD (Studi Kasus Pada Konsumen Apple iPad di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S - Fulltext PDF Bookmarks - 12010110130173.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketatnya persaingan PC Tablet di pasar dengan semakin banyak bermunculan berbagai merek baru, ataupun merek lama yang terus berinovasi dengan berbagai penawaran dan strateginya untuk menarik konsumen agar menjadi pemimpin di pasar PC Tablet. Hal ini berpengaruh terhadap perolehan nilai merek, pangsa pasar, potensi pertumbuhan merek di masa mendatang, dan tingkat kepuasan konsumen pada iPad. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari elemen-elemen ekuitas merek yang terdiri dari Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Persepsi Kualitas, dan Loyalitas Merek terhadap Keputusan Pembelian iPad. Setelah dilakukan tinjauan pustaka dan penyusunan hipotesis, data dikumpulkan melalui metode kuesioner terhadap 100 orang pengguna iPad di Kota Semarang yang diperoleh dengan menggunakan metode accidental sampling. Kemudian dilakukan analisis secara kuantitatif dan kualitatif terhadap data yang akan diteliti. Analisis kuantitatif meliputi Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linier Berganda, dan Uji Goodness of Fit yang meliputi Analisis Koefisien Determinasi (R2), Uji F, dan Uji t. Analisis kualitatif merupakan interpretasi dari data-data yang diperoleh dalam penelitian serta hasil pengolahan data yang sudah dilaksanakan dengan memberi keterangan dan penjelasan. Data kemudian diolah dengan program SPSS (Statistical Package for Social Science) untuk Windows versi 21 secara analisis kuantitatif yang menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut: Y = 0,141 X1 + 0,290 X2 + 0,300 X3 + 0,202 X4 Dimana variabel Keputusan Pembelian (Y), Kesadaran Merek (X1), Asosiasi Merek (X2), Persepsi Kualitas (X3), dan Loyalitas Merek (X4). Pengujian hipotesis menggunakan Uji F dapat diketahui keempat variabel independen memang layak menguji variabel dependen Keputusan Pembelian. Kemudian melalui Uji t menunjukkan bahwa keempat variabel independen yang diteliti berpengaruh positif dan terbukti secara signifikan mempengaruhi Keputusan Pembelian. Sedangkan perolehan angka sebesar 0,715 pada Adjusted R Square menunjukkan bahwa 71,5% variasi Keputusan Pembelian dapat dijelaskan oleh variasi dari keempat variabel independen dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya sebesar 28,5% dijelaskan oleh variabel lain diluar keempat variabel yang digunakan dalam penelitian ini.
Keywords : Purchasing Decision, Brand Awareness, Brand Association, Perceived Quality, Brand Loyalty, Keputusan Pembelian, Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Persepsi Kualitas, Loyalitas Merek
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Eriana Ringgowati
Date Deposited: 08 May 2020 01:32
Last Modified: 08 May 2020 01:32
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/3931

Actions (login required)

View Item
View Item