ANALISIS PENGARUH STRATEGI COST LEADERSHIP DAN STRATEGI DIFERENSIASI TERHADAP MANAJEMEN LABA DENGAN PERSAINGAN PASAR SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2014)

ZULAIKHA, Nurul Fitriana and FUAD, Fuad,(25 May 2016), ANALISIS PENGARUH STRATEGI COST LEADERSHIP DAN STRATEGI DIFERENSIASI TERHADAP MANAJEMEN LABA DENGAN PERSAINGAN PASAR SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2014). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 1. S - Cover - 12030112120025.pdf] Text - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of 4. S - Abstrak (Inggris) - 12030112120025.pdf] Text - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of 5. S - Abstrak (Indonesia) - 12030112120025.pdf] Text - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of 6. S - Daftar Isi - 12030112120025.pdf] Text - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of 12. S - Daftar Pustaka - 12030112120025.pdf] Text - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of 16. S - Fulltext PDF Bookmarks - 12030112120025.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi pengaruh strategi bisnis dan persaingan pasar terhadap manajemen laba. Populasi penelitian ini adalah industri manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada 2011- 2014. Sampel penelitian ini dipilih dengan metode purposive sampling. Terdapat 44 perusahaan setiap tahun yang memenuhi kriteria sebagai sampel penelitian. Data dianalisis dengan menggunakan regresi linier berganda dengan strategi cost leadership dan strategi diferensiasi sebagai variabel independen, serta persaingan pasar sebagai variabel moderasi pada pengaruh strategi bisnis terhadap manajemen laba. Hasil penelitian ini konsisten dengan literatur yang ada, strategi cost leadership berpengaruh positif terhadap manajemen laba, serta persaingan pasar dapat memoderasi pengaruh strategi cost leadership terhadap manajemen laba. Sedangkan strategi diferensiasi berpengaruh negatif terhadap manajemen laba, serta persaingan pasar tidak dapat memoderasi pengaruh strategi diferensiasi terhadap manajemen laba.
Keywords : business strategy, cost leadership strategy, differentiation strategy, market competition, earnings management., strategi bisnis, strategi cost leadership, strategi diferensiasi, persaingan pasar, manajemen laba.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Arief Eryka Zendy
Date Deposited: 12 May 2020 04:28
Last Modified: 12 May 2020 04:28
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/4017

Actions (login required)

View Item
View Item