WIDIASTOMO, Nugroho and KUSUMAWARDHANI, Amie,(2015), ANALISIS PENGARUH TOTAL QUALITY MANAGEMENT TERHADAP KINERJA MANAJERIAL PADA PT. ARISAMANDIRI PRATAMA DI KOTA DEMAK. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (39kB)
Download (39kB)
Text
Download (91kB)
Download (91kB)
Text
Download (16kB)
Download (16kB)
Text
Download (18kB)
Download (18kB)
Text
Download (269kB)
Download (269kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (914kB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (914kB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Total Quality
Management (TQM) terhadap kinerja manajerial. Dengan semakin maraknya
TQM digunakan di dunia bisnis, banyak perusahaan yang dapat berkembang pesat
serta mampu bersaing di pasarnya. Menurut Gaspersz, TQM didefinisikan sebagai
suatu cara meningkatkan performansi secara terus-menerus (continuous
performance improvement) pada setiap level operasi atau proses, dalam setiap
area fungsional dari suatu organisasi dengan menggunakan semua sumber daya
manusia dan modal yang tersedia.
Penelitian ini dilakukan dengan metode survey terhadap middle-class
manager pada PT. Arisamandiri Pratama yang merupakan perusahaan manufaktur
dan kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis regresi. Penelitian ini
menganalisa apakah ada pengaruh fokus pada pelanggan, obsesi terhadap kualitas,
kerjasama tim, dan adanya pelatihan dan pengembangan karyawan terhadap
kinerja manajerial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya variabel kerjasama tim yang
berpengaruh positif signifikan, sementara variabel lainnya tidak berpengaruh
signifikan. Dalam perusahaan manufaktur, kerjasama tim merupakan pokok kerja
demi memastikan tingkat produksi perusahaan terjaga, dan bahkan mampu
meningkat. Dengan keeratan manajer satu dengan lainnya, tugas mereka dapat
terselesaikan dengan segera. Sementara fokus pada pelanggan yang justru
berpengaruh negatif ditolak dikarenakan PT. Arisamandiri Pratama sebagian besar
kegiatannya hanyalah merakit barang pesanan dari perusahaan lain. Mereka hanya
mendapatkan pesanan dari perusahaan lain untuk memproduksi barang-barang.
Oleh karena itu, perusahaan mungkin tidak terlalu memperhatikan pelanggan dan
lebih baik terus berfokus pada kegiatan produksinya.
Keywords : | Total Quality Management, customer focus, obsession toward quality, teamwork, employee involvement and empowerment, managerial performance, Total Quality Management, fokus pada pelanggan,obsesi terhadap kualitas, kerjasama tim, adanya keterlibatan dan pemberdayaan karyawan, kinerja manajerial |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Heru Prastyo |
Date Deposited: | 12 May 2020 06:16 |
Last Modified: | 12 May 2020 06:16 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/4065 |