HARIMURTI, Krisna and SUGIARTO, PH,SU.,(18 March 2013), ANALISIS PENGARUH KETANGGAPAN KARYAWAN, EMPATI KARYAWAN DAN KEHANDALAN KARYAWAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KEPERCAYAAN KONSUMEN (Studi Pada Guest House Griya Bougenville Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
- Published Version
Download (558kB)
Download (558kB)
Text
- Published Version
Download (557kB)
Download (557kB)
Text
- Published Version
Download (663kB)
Download (663kB)
Text
- Published Version
Download (536kB)
Download (536kB)
Text
- Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Text
- Published Version
Download (500kB)
Download (500kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh
ketanggapan karyawan, empati karyawan, dan kehandalan karyawan terhadap
kualitas pelayanan sehingga dapat mempengaruhi kepercayaan konsumen pada
Guest House Griya Bougenville Semarang.
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen dari Griya
Bougenville yang pernah atau sudah beberapa kali berkunjung atau menginap di
guest house tersebut. Sampel pada penelitian ini sebanyak 100 responden dan
teknik yang digunakan adalah teknik Non-probability Sampling dengan
pendekatan Accidental Sampling. Data-data yang telah memenuhi uji validitas, uji
reabilitas dan uji asumsi klasik sehingga membentuk suatu persamaan regresi.
Variabel independen penelitian ini antara lain ketanggapan karyawan,
empati karyawan, dan kehandalan karyawan. Kepercayaan konsumen menjadi
variabel dependen dan kualitas pelayanan sebagai variabel intervening. Pengujian
hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa ketiga variabel independen yang
diteliti yaitu variabel ketanggapan karyawan, empati karyawan, dan kehandalan
karyawan terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel
intervening kualitas pelayanan dan mempengaruhi juga secara positif variabel
dependennya yaitu kepercayaan konsumen. Kemudian melalui uji F dapat
diketahui bahwa keempat variabel independen memang layak untuk menguji
variabel dependen.
Angka Adjusted R Square Model 1 menunjukkan bahwa 27,2% kualitas
pelayanan dapat dijelaskan oleh ketiga variabel independen dalam persamaan
regresi. Sedangkan sisanya sebesar 72,8% dijelaskan oleh variabel lain di luar
ketiga variabel yang digunakan dalam penelitian ini. Lalu nilai Adjusted R Square
pada Model 2 adalah sebesar 0,273 yang berarti bahwa kemampuan variabel
kualitas pelayanan dalam menjelaskan terhadap kepercayaan konsumen adalah
sebesar 27,3%, sehingga masih ada sisanya sebesar 72,7% memerlukan mediating
lain yang tidak diteliti.
Keywords : | consumer trust, service quality, employee responsiveness, employee empathy, employee reliability, kepercayaan konsumen, kualitas pelayanan, ketanggapan karyawan, empati karyawan dan kehandalan karyawan |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Endhar Priyo Utomo |
Date Deposited: | 14 May 2020 02:50 |
Last Modified: | 14 May 2020 03:15 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/4144 |