PENGARUH AGRESIVITAS PAJAK TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY : UNTUK MENGUJI TEORI LEGITIMASI (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2013)

UTARI, Intan Ayu and ROHMAN, Abdul,(18 November 2014), PENGARUH AGRESIVITAS PAJAK TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY : UNTUK MENGUJI TEORI LEGITIMASI (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2013). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 1. S - Cover - 12030110120141.PDF] Text - Published Version
Download (489kB)
[thumbnail of 4. S - Abstrak (Inggris) - 12030110120141.PDF] Text - Published Version
Download (98kB)
[thumbnail of 5. S - Abstrak (Indonesia) - 12030110120141.PDF] Text - Published Version
Download (97kB)
[thumbnail of 6. S - Daftar Isi - 12030110120141.PDF] Text - Published Version
Download (410kB)
[thumbnail of 12. S - Daftar Pustaka - 12030110120141.PDF] Text - Published Version
Download (206kB)
[thumbnail of 16. S - Fulltext PDF Bookmarks - 12030110120141.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh agresivitas pajak perusahaan dengan corporate social resposibity (CSR): untuk menguji teori legitimasi.Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah agresivitas pajak yang diukur menggunakan proksi effective tax rates sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah corporate social responsibility (CSR). Penelitian ini menggunakan satu variabel kontrol yaitu ROA. Penelitian ini merupakan replikasi dari penelitian yang dilakukan oleh Lanis dan Richardson (2013) dengan menggunakan 159 perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI pada tahun 2011-2013 sebagai sampel penelitian. Sampel penelitian dipilih dengan metode purposive sampling dan diperoleh 53 perusahaan per tahun yang memenuhi kriteria. Data dianalisis menggunakan model analisis regresi ordinary least square. Hasil penelitian menunjukan bahwa agresivitas pajak perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan CSR. Perusahaan yang memiliki tingkat agresivitas yang tinggi mengakibatkan perusahaan akan mengungkapkan CSR lebih besar dibandingkan dengan perusahaan yang melakukan agresivitas pajak. Hal ini tidak membenarkan teori legitimasi dalam konteks agresivitas pajak.
Keywords : corporate social responsibility, corporate tax aggressiveness, legitimacy theory., corporate social responsibility,agresivitas pajak,teori legitimasi.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Arief Eryka Zendy
Date Deposited: 26 May 2020 07:02
Last Modified: 26 May 2020 07:02
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/4237

Actions (login required)

View Item
View Item