FEBRIANI, Valentina Anissa and SUGIONO, Sugiono,(21 May 2012), ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi pada Pasien Poliklinik Rawat Jalan Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
- Accepted Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
- Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Tumbuhnya persaingan antar rumah sakit yang semakin ketat dan tajam
sehingga setiap rumah sakit dituntut untuk mempertinggi daya saing dengan
berusaha memberikan kepuasan kepada semua pasiennya. Untuk itu harus
diketahui faktor – faktor apa sajakah yang mempengaruhi tingkat kepuasan pasien
tersebut. Dan merupakan suatu hal yang sangat penting bagi kita untuk
mengetahui apa yang pasien butuhkan untuk memenuhi kepuasan mereka
terhadap pelayanan yang kita berikan.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang dapat
mempengaruhi tingkat kepuasan para pasien RSCM. Populasi pada penelitian ini
adalah pasien RSCM. Sampel yang digunakan pada penelitian berjumlah 95 orang
dan metode yang digunakan adalah accidental sampling. Pengumpulan data
dilakukan dengan mendistribusikan kuesioner kepada responden. Analisis yang
digunakan adalah regresi linier berganda, dimana Y menunjuk pada variabel
kepuasan pasien, X1 variabel tangible, X2 variabel reliability, X3 variabel
responsiveness, X4 variabel assurance, dan X5 variabel empathy.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelima hipotesis dapat diterima.
Hasil ini adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Wujud fisik,
Kehandalan dalam menangani konsumen, Daya Tanggap, Jaminan yang diberikan
dan Empati terhadap kepuasan konsumen. Hal ini dibuktikan dengan uji F dimana
nilai signifikansinya 0,000. Koefisien determinasi pada Kepuasan konsumen yang
ditunjukkan oleh Adjusted R Square adalah 0,716 yang berarti bahwa Kepuasan
konsumen 68,4% dipengaruhi oleh variable wujud fisik, kehandalan, daya
tanggap, jaminan dan empati. Sedangkan 31,6% nya dipengaruhi oleh variabel
lain yang tidak diteliti oleh peneliti.
Keywords : | customer satisfaction, tangible, reliability, responsiveness, assurance and empathy, kepuasan konsumen, wujud fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Endhar Priyo Utomo |
Date Deposited: | 02 Jun 2020 03:18 |
Last Modified: | 02 Jun 2020 03:18 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/4324 |