PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL

HUTAPEA, Roy and PRASTIWI, Andri,(23 September 2013), PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16.S-Full text pdf Bookmark-C2C009090.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengungkapan Corporate social Responsibility serta dimensi – dimensi pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap kepemilikan insitusional perusahaan. Dimensi – dimensi dari pengungkapan CSR mengikuti indikator Golden Hope Plantation Berhad (GHPB) yang terdiri dari empat kategori yaitu Dimensi dengan karyawan, keterlibatan dengan komunitas, produk, dan lingkungan. Kepemilikan institusional perusahaan dilihat berdasarkan saham yang dimiliki institusi dalam suatu perusahaan. Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI (Bursa Efek Indonesia) pada tahun 2010-2012. Berdasarkan metode purposive sampling didapatkan sampel 36 perusahaan dengan sumber data berupa laporan tahunan perusahaan. Analisis data menggunakan content analysis, diolah dengan uji asumsi klasik, dan kemudian pengujian hipotesis menggunakan metode regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya pengungkapan CSR secara keseluruhan, CSR dimensi karyawan dan CSR dimensi produk berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepemilikan institusional perusahaan. Sedangkan CSR dimensi keterlibatan dengan komunitas dan CSR dimensi lingkungan tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepemilikan institusional. Hasil penelitian ini secara umum sesuai dengan hasil penelitian sebelumnya mengenai pengungkapan pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) dan hubungannya dengan kepemilikan insitusional. Kata kunci: Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR), Kepemilikan Institusional, Struktur Kepemilikan, hubungan dengan karyawan, keterlibatan dengan komunitas, produk, dan lingkungan.
Keywords : Keywords: Disclosure of Corporate Social Responsibility (CSR), Institutional Ownership, Ownership Structure, employee relations, engagement with the community, products, and environment, Kata kunci: Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR), Kepemilikan Institusional, Struktur Kepemilikan, hubungan dengan karyawan, keterlibatan dengan komunitas, produk, dan lingkungan
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Handri Herawati
Date Deposited: 02 Jun 2020 03:22
Last Modified: 02 Jun 2020 03:22
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/4326

Actions (login required)

View Item
View Item