ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN DALAM MELAKUKAN PEMBELIAN PADA SALWA HOUSE KAFE

NOFITA, Erika Dian and KAMAL, Mustafa,(26 March 2013), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN DALAM MELAKUKAN PEMBELIAN PADA SALWA HOUSE KAFE. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 1. S - Cover - C2A009006.pdf] Text - Published Version
Download (101kB)
[thumbnail of 4. S - Abstrak (Inggris) - C2A009006.pdf] Text - Published Version
Download (100kB)
[thumbnail of 5. S - Abstrak (Indonesia) - C2A009006.pdf] Text - Published Version
Download (100kB)
[thumbnail of 6. S - Daftar Isi - C2A009006.pdf] Text - Published Version
Download (103kB)
[thumbnail of 12. S - Daftar Pustaka - C2A009006.pdf] Text - Published Version
Download (82kB)
[thumbnail of 16. S - Fulltext PDF Bookmarks - C2A009006.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (838kB) | Request a copy

Abstract

Seiring dengan pertumbuhan bisnis kuliner di Kota Semarang, menyebabkan semakin tingginya tingkat persaingan yang dihadapi oleh Salwa House. Agar dapat unggul dalam menghadapi persaingan yang sangat ketat diperlukan strategi peningkatan kepuasan konsumen. Terdapat banyak jenis komplain yang diberikan konsumen kepada Salwa House mengindikasikan kurang optimalnya kepuasan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi harga, kualitas produk, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Salwa House. Penelitian ini menguji tiga variabel independen yaitu persepsi harga, kualitas produk dan kualitas pelayanan yang dapat mempengaruhi variabel dependen yaitu kepuasan konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Salwa House. Sampel diambil sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik Non probability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode survey melalui kuesioner yang diisi oleh konsumen. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda. Analisis ini meliputi: Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Berganda, Uji Hipotesis melalui Uji t dan Uji F, serta analisis Koefisien Determinasi (R2). Hasil analisis menggunakan regresi linear berganda dapat diketahui bahwa variabel persepsi harga, kualitas produk, dan kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen Salwa House. Hasil analisis menggunakan uji t dapat diketahui bahwa ketiga variabel independen yaitu persepsi harga (X1), kualitas produk (X2), dan kualitas pelayanan (X3) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen yaitu kepuasan konsumen (Y). Kemudian hasil analisis menggunakan uji F dapat diketahui bahwa ketiga variabel independen yaitu persepsi harga (X1), kualitas produk (X2) dan kualitas pelayanan (X3) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen yaitu kepuasan konsumen (Y). Hasil analisis menggunakan koefisien determinasi diketahui bahwa 64% variasi dari kepuasan konsumen dapat dijelaskan oleh persepsi harga, kualitas produk, dan kualitas pelayanan. Sedangkan sisanya 36% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini.
Keywords : price perception, product quality, service quality, consumer satisfaction, persepsi harga, kualitas produk, kualitas pelayanan, kepuasan konsumen
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Arief Eryka Zendy
Date Deposited: 03 Jun 2020 04:53
Last Modified: 03 Jun 2020 04:53
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/4377

Actions (login required)

View Item
View Item