ZAKARIA, Shandy Ibnu and ASTUTI, Sri Rahayu Tri,(5 July 2013), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PENGGUNA JASA TRANSPORTASI (studi kasus pada pengguna Bus Trans Jogja di Kota Yogyakarta). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (914kB)
Download (914kB)
Text
Download (915kB)
Download (915kB)
Text
Download (916kB)
Download (916kB)
Text
Download (921kB)
Download (921kB)
Text
Download (941kB)
Download (941kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan, persepsi
harga dan citra merek berpengaruh terhadap kepuasan konsumen terhadap pengguna
jasa transportasi bus Trans Jogja di kota Yogyakarta. Penelitian ini juga bertujuan
menganalisis faktor yang paling dominan pengaruhnya terhadap kepuasan konsumen
pada objek pengguna bus Trans Jogja di Kota Yogyakarta.
Penelitian ini dilakukan dengan metode kuisoner terhadap 100 responden
pengguna jasa bus Trans Jogja yang diperoleh dengan menggunakan teknik Nonprobability
sampling dengan pendekatan accidental sampling dan populasi yang
digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah menggunakan bus
Trans Jogja. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif yaitu analisis
regresi berganda. Analisis ini meliputi : uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik,
analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji f, serta analisis
koefisien determinasi (R
2
).
Berdasarkan analisis tersebut, diperoleh persamaan regresi sebagai berikut,
Y = 0,407 X1 + 0,267 X2 + 0,235 X3
Variabel kualitas pelayanan memiliki pengaruh paling besar terhadap
kepuasan konsumen sebesar 0,407, kemudian diikuti oleh variabel persepsi harga
sebesar 0,267, dan terakhir yang paling rendah yaitu variabel citra merek sebesar
0,235. Pengujian hipotesis yang dilakukan menggunakan uji t menunjukkan bahwa
ketiga variabel yaitu kualitas pelayanan (X1), persepsi harga (X2) dan citra merek
(X3) yang diteliti secara positif dan signifikan mempengaruhi variabel dependent
yaitu kepuasan konsumen (Y). Kemudian uji f dapat diketahui bahwa variabel
kualitas pelayanan, persepsi harga dan citra merek memang layak untuk menguji
variabel dependen yaitu kepuasan konsumen. Adjusted R Square menunjukkan bahwa
72,3% variasi kepuasan konsumen dapat dijelaskan oleh ketiga variabel independen
dalam persamaan regresi berganda. Sedangkan sisanya 27,7% dijelaskan oleh
variabel lain diluar ketiga variabel tersebut.
Keywords : | Quality of service, price perception, brand image and consumer satisfaction., Kualitas pelayanan, persepsi harga, citra merek dan kepuasan konsumen |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Heru Prastyo |
Date Deposited: | 10 Jun 2020 04:07 |
Last Modified: | 10 Jun 2020 04:07 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/4558 |