ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA USAHA KECIL MENENGAH (UKM) MAKANAN RINGAN ( Studi Penelitian UKM Snack Barokah di Solo )

ZULKARNAEN, Halim Oky and SUTOPO, Sutopo,(24 July 2013), ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA USAHA KECIL MENENGAH (UKM) MAKANAN RINGAN ( Studi Penelitian UKM Snack Barokah di Solo ). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S - Fulltext PDF Bookmarks - C2A009039.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Usaha Kecil dan Menengah (UKM) mempunyai peran yang besar dalam pertumbuhan ekonomi nasional.Untuk menjaga kelangsungan kegiatan UKM di tengah persaingan bisnis yang ada dibutuhkan suatu manajemen strategi pemasaran yang tepat untuk mencapai tujuan perusahaan. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi strategi pemasaran berasal dari faktor internal dan faktor eksternal. Obyek penelitian ini adalah Perusahaan Snack Barokah yang merupakan bentuk usaha dibidang makanan ringan yang belum menerapkan manajemen strategi pemasaran yang tepat untuk mengembangkan usahanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor yang dapat mempengaruhi dan menjadi unsur penyusunan strategi pemasaran serta menyusun dan merekomendasikan strategi pemasaran yang tepat untuk diterapkan Penelitian ini menggunakan analisis QSPM (Quantitave Strategi Planing Matrix) untuk menyusun strategi yang akan diambil. Sampel dari penelitian ini diambil dari pihak dalam perusahaan. Penentuan sampel sebagai responden menggunakan “purposive sampling” dengan pertimbangan bahwa responden yang dimaksud memiliki kemampuan dan wewenang dalam merumuskan strategi pemasaran perusahaan. Penelitian ini menghasilkan alternatif strategi UKM Snack Barokah dan urutan prioritasnya sebagai berikut: meningkatkan kualitas produk dengan menggunakan mesin pengemas, Memproduksi makanan ringan sendiri, Meningkatkan kualitas produk untuk menghadapi persaingan, Mencari modal tambahan dengan memanfaatkan program kredit pemerintah, Mempertahankan tingkat harga dan meningkatkan kualitas cita rasa, Menggencarkan usaha promosi produk dengan memanfaatkan fasilitas media elektronik,Meningkatkan promosi langsung dengan cara mendatangi pedagang besar untuk memperluas pasar, memberikan fasilitas suara konsumen, dan menjaga hubungan baik dengan suplier
Keywords : Marketing Strategy, Internal and External Factors, Matrix IE, Matrix SWOT, Matrix QSPM, Strategi Pemasaran, Faktor Internal – Eksternal, Matriks IE, Matriks SWOT, Matriks QSPM
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Gunawan Gunawan
Date Deposited: 15 Jun 2020 07:51
Last Modified: 15 Jun 2020 07:51
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/4741

Actions (login required)

View Item
View Item