ANALISIS PENGARUH FAKTOR BUDAYA, SOSIAL, PRIBADI DAN PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEMEN GRESIK DI SEMARANG

ACHMAD, Andy Faisal and TRI ASTUTI, Sri Rahayu,(21 November 2012), ANALISIS PENGARUH FAKTOR BUDAYA, SOSIAL, PRIBADI DAN PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEMEN GRESIK DI SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S - Fulltext PDF Bookmarks - C2A008016.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor budaya,sosial, pribadi dan psikologis terhadap keputusan pembelian semen merek Gresik. Permasalahan penelitian merujuk pada penurunan penjualan dan penurunan nilai Top Brand index semen Gresik dari tahun ke tahun. Keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen semen Gresik dipengaruhi oleh banyak faktor, beberapa diantaranya adalah faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis. Penelitian ini menggunakan 100 responden sebagai sampel dan keseluruhan responden adalah konsumen semen merek Gresik di kota Semarang. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang diisi oleh para responden ketika melakukan pembelian. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda. Penelitian ini menghasilkan persamaan regresi: Y = 0,554 X1 + 0,244 X2 + 0,197 X3 + 0,317 X4 . Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel keputusan pembelian semen Gresik dipengaruhi oleh variabel budaya, sosial, pribadi dan psikologis sebesar 60,7% sedangkan sisanya sebesar 39,7% dijelaskan oleh variabel lain diluar keempat variabel yang digunakan dalam penelitian ini.
Keywords : Purchasing Decisions, Consumer Behavior, Keputusan Pembelian, Perilaku Konsumen
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Gunawan Gunawan
Date Deposited: 24 Jun 2020 02:05
Last Modified: 24 Jun 2020 02:05
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/4961

Actions (login required)

View Item
View Item