ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN CITRA MEREK TERHADAP POSITIVE WORD OF MOUTH ( Studi Kasus Pada Pengguna Sepeda Motor Honda Di Kecamatan Tembalang, Kota Semarang )

FUJIATI, Tesna and SOESANTO, Harry,(23 August 2011), ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN CITRA MEREK TERHADAP POSITIVE WORD OF MOUTH ( Studi Kasus Pada Pengguna Sepeda Motor Honda Di Kecamatan Tembalang, Kota Semarang ). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S - Fulltext PDF Bookmarks - C2A309021.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persaingan industri sepeda motor yang semakin kompetitif pada zaman sekarang. Hal ini menuntut perusahaan untuk semakin kreatif dalam menjalankan kegiatan usahanya. Variabel independen yang digunakan meliputi kualitas produk (X1), harga (X2), dan citra merek (X3), sedangkan variabel dependen adalah positive word of mouth (Y). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari variabel Kualitas produk, Harga, dan Citra merek yang terhadap word of mouth positif produk sepeda motor Honda. Sampel yang diambil berjumlah 100 responden dengan metode non probability sampling dengan menggunakan tehnik accidental sampling. Alat analisis yang digunakan adalah SPSS 17,0 yang meliputi uji reliabilitas, uji validitas, uji asumsi klasik yang meliputi uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji normalitas dan uji autokorelasi, serta analisis regresi berganda yang meliputi koefisien determinasi, uji signifikansi simultan (uji statistik F), uji signifikansi parameter individual (uji t).Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji t pada variabel kualitas produk, harga, dan citra merek memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel word of mouth positif. Penelitian ini memenuhi syarat validitas, reliabilitas, serta bebas dari heteroskedastisitas, multikolinearitas dan telah lolos uji normalitas. Hasil penelitian mendapatkan bahwa persamaan regresi yang terbentuk adalah Y = 0,236 X1 + 0,234 X2 + 0,350 X3. Sedangkan koefisien determinasi diperoleh dengan nilai Adjusted R2 sebesar 45,5%. Ini berarti variabel word of mouth positif dapat dijelaskan oleh adanya variabel kualitas produk, harga, dan citra merek sedangkan sisanya 54,5% dapat dipengaruhi oleh variabel lain
Keywords : product quality, price, brand image, positive word of mouth., Kualitas produk, harga, citra merek, word of mouth positif.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Gunawan Gunawan
Date Deposited: 26 Jun 2020 03:18
Last Modified: 26 Jun 2020 03:18
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/5080

Actions (login required)

View Item
View Item