RACHMAWATI, Intan and KAMAL, H. Mustafa,(26 September 2011), ANALISIS PENGARUH KETIDAKPUASAN PASCA KONSUMSI, KEBUTUHAN MENCARI VARIASI DAN IKLAN PESAING TERHADAP KEPUTUSAN PERPINDAHAN MEREK DARI MIE SEDAAP KE MIE INSTAN LAIN (Studi pada mahasiswa di Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (481kB)
Download (481kB)
Text
Download (476kB)
Download (476kB)
Text
Download (472kB)
Download (472kB)
Text
Download (475kB)
Download (475kB)
Text
Download (519kB)
Download (519kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya penurunan Satisfaction, brand
share dan TOM advertising Mie Sedaap selama 3 (lima) tahun berturut-turut yang
mengindikasikan terjadinya fenomena beralihnya pengkonsumsian konsumen atas
Mie Sedaap ke mie instan merek lain. Berdasarkan data yang diperoleh bahwa terjadi
penurunan brand share Mie Sedaap selama 3 tahun berturut-turut dari tahun 2008-
2010. Mie Sedaap mengalami penurunan yang drastis yaitu 25,9% di tahun 2007
menjadi 19,8% di tahun 2008, 16,5% di tahun 2009,dan 13,5% di tahun 2010.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
ketidakpusaan pascakonsumsi, kebutuhan mencari variasi, dan pengaruh iklan pesaing
terhadap keputusan perpindahan merek. Metode pengambilan sampling dalam
penelitian ini menggunakan non probability sampling dengan purposive sampling yaitu
memilih orang-orang yang terseleksi berdasarkan ciri-ciri khusus,yaitu mahasiswa yang
perna melakukan perpindahan merek dari Mie Sedaap ke mie instan lain dalam waktu
1 bulan terakhir. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif yaitu
analisis regresi linear berganda. Data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas,
dan uji asumsi klasik diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut :
Y = 0.276 X1 + 0.376 X2 + 0.228 X3
Pengujian hipotesis menggunakan uji t yang menunjukkan bahwa ketiga variabel
independen yaitu ketidakpuasan pasca konsumsi (X1), kebutuhan mencari variasi (X2)
dan pengaruh iklan pesaing (X3) yang diteliti terbukti secara positif dan signifikan
mempengaruhi variabel dependen yaitu keputusan perpindahan merek(Y). Variabel
kebutuhan mencari variasi memiliki pengaruh paling besar terhadap Keputusan
Perpindahan Merek oleh konsumen diantara variabel bebas lainnya yang diteliti yaitu
sebesar 0,376. Kemudian pengaruh lainnya adalah variabel ketidakpuasan pasca
konsumsi sebesar 0,276 dan variabel pengaruh iklan pesaing sebesar 0,228.
Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa variabel ketidakpuasan konsumen,
kebutuhan mencari variasi dan pengaruh iklan pesaing memang layak untuk menguji
variabel dependen keputusan perpindahan merek. Angka Adjusted R Square
menunujukkan bahwa 51,6 persen variasi keputusan perpindahan merek dapat dijelaskan
oleh ketiga variabel independen dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya sebesar
48,4% persen dijelaskan oleh variabel lain diluar ketiga variabel yang digunakan dalam
penelitian ini.
Keywords : | brand switching behavior , consumer dissatisfaction, variety seeking behavior, influence of competitors' ads, KeputusanPerpindahan Merek, Ketidakpuasan Konsumen, Kebutuhan Mencari Variasi, Iklan. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Users 15 not found. |
Date Deposited: | 03 Jul 2020 01:31 |
Last Modified: | 03 Jul 2020 01:31 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/5330 |