ANALISIS PENGARUH KETIDAKPUASAN PASCA KONSUMSI, KEBUTUHAN MENCARI VARIASI DAN IKLAN PESAING TERHADAP KEPUTUSAN PERPINDAHAN MEREK DARI MIE SEDAAP KE MIE INSTAN LAIN (Studi pada mahasiswa di Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro)

RACHMAWATI, Intan and KAMAL, H. Mustafa,(26 September 2011), ANALISIS PENGARUH KETIDAKPUASAN PASCA KONSUMSI, KEBUTUHAN MENCARI VARIASI DAN IKLAN PESAING TERHADAP KEPUTUSAN PERPINDAHAN MEREK DARI MIE SEDAAP KE MIE INSTAN LAIN (Studi pada mahasiswa di Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S-Fulltext PDF Bookmarks-C2A004002.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya penurunan Satisfaction, brand share dan TOM advertising Mie Sedaap selama 3 (lima) tahun berturut-turut yang mengindikasikan terjadinya fenomena beralihnya pengkonsumsian konsumen atas Mie Sedaap ke mie instan merek lain. Berdasarkan data yang diperoleh bahwa terjadi penurunan brand share Mie Sedaap selama 3 tahun berturut-turut dari tahun 2008- 2010. Mie Sedaap mengalami penurunan yang drastis yaitu 25,9% di tahun 2007 menjadi 19,8% di tahun 2008, 16,5% di tahun 2009,dan 13,5% di tahun 2010. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ketidakpusaan pascakonsumsi, kebutuhan mencari variasi, dan pengaruh iklan pesaing terhadap keputusan perpindahan merek. Metode pengambilan sampling dalam penelitian ini menggunakan non probability sampling dengan purposive sampling yaitu memilih orang-orang yang terseleksi berdasarkan ciri-ciri khusus,yaitu mahasiswa yang perna melakukan perpindahan merek dari Mie Sedaap ke mie instan lain dalam waktu 1 bulan terakhir. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif yaitu analisis regresi linear berganda. Data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut : Y = 0.276 X1 + 0.376 X2 + 0.228 X3 Pengujian hipotesis menggunakan uji t yang menunjukkan bahwa ketiga variabel independen yaitu ketidakpuasan pasca konsumsi (X1), kebutuhan mencari variasi (X2) dan pengaruh iklan pesaing (X3) yang diteliti terbukti secara positif dan signifikan mempengaruhi variabel dependen yaitu keputusan perpindahan merek(Y). Variabel kebutuhan mencari variasi memiliki pengaruh paling besar terhadap Keputusan Perpindahan Merek oleh konsumen diantara variabel bebas lainnya yang diteliti yaitu sebesar 0,376. Kemudian pengaruh lainnya adalah variabel ketidakpuasan pasca konsumsi sebesar 0,276 dan variabel pengaruh iklan pesaing sebesar 0,228. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa variabel ketidakpuasan konsumen, kebutuhan mencari variasi dan pengaruh iklan pesaing memang layak untuk menguji variabel dependen keputusan perpindahan merek. Angka Adjusted R Square menunujukkan bahwa 51,6 persen variasi keputusan perpindahan merek dapat dijelaskan oleh ketiga variabel independen dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya sebesar 48,4% persen dijelaskan oleh variabel lain diluar ketiga variabel yang digunakan dalam penelitian ini.
Keywords : brand switching behavior , consumer dissatisfaction, variety seeking behavior, influence of competitors' ads, KeputusanPerpindahan Merek, Ketidakpuasan Konsumen, Kebutuhan Mencari Variasi, Iklan.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Users 15 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2020 01:31
Last Modified: 03 Jul 2020 01:31
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/5330

Actions (login required)

View Item
View Item