ANALISIS PENGARUH ELEMEN-ELEMEN EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIANPADANOTEBOOKTOSHIBADI SEMARANG

PRAMONO, Agil Aryo and SANTOSA, Suryono Budi,(21 June 2011), ANALISIS PENGARUH ELEMEN-ELEMEN EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIANPADANOTEBOOKTOSHIBADI SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S - Fulltext PDF Bookmarks - C2A007004.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketatnya persaingan notebook di Indonesia dengan semakin banyak bermunculan berbagai merek baru, ataupun merek lama yang terus berinovasi dengan berbagai penawaran dan strateginya untuk menarik konsumen agar menjadi pemimpin di pasar notebook. Hal ini berpengaruh terhadap perolehan nilai merek, pangsa pasar, potensi pertumbuhan merek di masa mendatang, dan tingkat kepuasan konsumen pada notebook Toshiba. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari elemen-elemen ekuitas merek yang terdiri dari kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek, dan loyalitas merek terhadap keputusan pembelian padanotebookToshiba. Setelah dilakukan tinjauan pustaka dan penyusunan hipotesis, data dikumpulkan melalui metode kuesioner terhadap 100 orang pengguna notebook Toshiba di Semarang yang diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling. Kemudian dilakukan analisis secara kuantitatif dan kualitatif terhadap data yang akan diteliti. Analisis kuantitatif meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, dan uji goodness of fit yang meliputi uji t dan uji F, serta analisis koefisien determinasi (R2). Analisis kualitatif merupakan interpretasi dari data-data yang diperoleh dalam penelitian serta hasil pengolahan data yang sudah dilaksanakan dengan memberi keterangan dan penjelasan. Data kemudian diolah dengan program SPSS (Statistical Package for Social Science) for Windows 17 secara analisis kuantitatif yang menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut: Y=0,255X1 +0,210 X2 +0,193X3 +0,310X4 Dimana variabel keputusan pembelian (Y), kesadaran merek (X1), persepsi kualitas (X2), asosiasi merek (X3), dan loyalitas merek (X4). Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa keempat variabel independen yang diteliti berpengaruh positif dan terbukti secara signifikan mempengaruhi keputusan pembelian. Kemudian melalui uji F dapat diketahui keempat variabel independen memang layak menguji variabel dependen keputusan pembelian. Sedangkan, perolehan angka sebesar 0,773 pada Adjusted R Square menunjukkan bahwa 77,3 persen variasi keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variasi dari keempat variabel independen dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya sebesar 22,7 persen dijelaskan oleh variabel lain diluar keempat variabel yang digunakan dalam penelitian ini
Keywords : purchasing decision, brand awareness, perceived quality, brand association,brand loyalty, keputusan pembelian, kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek, loyalitas merek
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Gunawan Gunawan
Date Deposited: 06 Jul 2020 03:38
Last Modified: 06 Jul 2020 03:38
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/5464

Actions (login required)

View Item
View Item