MAHARANI, Adistya and HADIPRAJITNO, Paulus Th Basuki,(25 August 2011), EVALUASI SISTEM PENGENDALIAN INTERN PENJUALAN JASA PERAWATAN AIR CONDITIONER DAN PIUTANG PADA CV. MAVISTA TECHNIC. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (22kB)
Download (22kB)
Text
Download (16kB)
Download (16kB)
Text
Download (17kB)
Download (17kB)
Text
Download (19kB)
Download (19kB)
Text
Download (15kB)
Download (15kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Penjualan merupakan salah satu aspek yang penting bagi perusahaan dalam
usahanya untuk memperoleh laba. Pengelolaan penjualan yang kurang baik secara
langsung akan merugikan perusahaan. Untuk itulah diperlukan sistem pengendalian
intern penjualan dan piutang agar dapat mengurangi kemungkinan terjadinya
penyelewengan, pemborosan, ketidakefektifan dan ketidakefisienan yang dapat
merugikan perusahaan. CV. Mavista Technic menerapkan suatu sistem penjualan
yang dituangkan dalam Standar Operasional Perusahaan. Standar Operasional
tersebut diantaranya mengatur tentang bagaimana proses penjualan dan
pengelolaannya seharusnya dilakukan.
Perusahaan dalam menjalankan aktivitasnya untuk mencapai tujuan yang telah
digariskan harus melakukan pengendalian. Pengendalian yang diterapkan harus
memberimanfaat, dalam hal ini mampu meningkatkan efektifitas serta efisiensi
operasi. Pengendalian tersebut juga bertujuan agar segala sesuatunya berjalan sesuai
dengan seharusnya. Pengendalian dimaksud adalah pengendalian intern terhadap
piutang usaha.
Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan evaluasi terhadap sistem
pengendalian intern penjualan jasa perawatan Air Conditioner dan piutang pada CV.
Mavista Technic. Data dikumpulkan dengan metode observasi dan wawancara.
Analisis dilakukan dengan metode kualitatif dan kuantitatif, dengan membandingkan
teori dengan praktek yang sebenarnya terjadi, serta melakukan pengujian terhadap
dokumen terkait dengan menggunakan attribute sampling model stop or go sampling.
Dan dengan menggunakan uji kualitatif terhadap kuesioner pengendalian intern
piutang usaha yang mengacu pada kerangka kerja COSO pada unsur-unsur
pengendalian intern.
Berdasarkan evaluasi yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa sistem,
pengendalian intern penjualan jasa perawatan Air Condiotioner pada CV. Mavista
Technic yang meliputi struktur organisasi, sistem otorisasi dan prosedur pencatatan,
praktek yang sehat serta karyawan yang mutunya sesuai dengan tanggung jawabnya,
telah sesuai dengan Standar Operasional Prosedur yang ditetapkan perusahaan dan
tidak menyimpang dari teori yang terdapat dalam ilmu akuntansi. Dan dari unsur-
unsur pengendalian intern menurut kerangka COSO, unsur penentuan resiko dan
unsur aktivitas pengendalian kurang efektif, sedangkan unsur lingkungan
pengendalian, unsur informasi dan komunikasi, serta unsur pengawasan atau
pemantauan telah efektif.
Keywords : | internal control system, sales, account receivable, attribute sampling, stop-or-go sampling., Sistem pengendalian intern, penjualan, piutang usaha, attribute sampling, stop-or-go sampling. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Akuntansi |
Depositing User: | Users 15 not found. |
Date Deposited: | 07 Jul 2020 02:17 |
Last Modified: | 07 Jul 2020 02:17 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/5529 |