RAHARDIAN, Ariawan Aji and MEIRANTO, Wahyu,(1 July 2011), ANALISIS PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN ; SUATU ANALISIS DENGAN PENDEKATAN PARTIAL LEAST SQUARES (Studi Pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2007-2010). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
- Published Version
Download (247kB)
Download (247kB)
Text
- Published Version
Download (292kB)
Download (292kB)
Text
- Published Version
Download (216kB)
Download (216kB)
Text
- Published Version
Download (223kB)
Download (223kB)
Text
- Published Version
Download (228kB)
Download (228kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh dari intellectual capital, yang diidentifikasi menggunakan konsep input-proses-output dari human capital, customer capital,innovation capital dan process capital, kepada kinerja perusahaan. Dari perspektif modal berbasis sumber daya dan intelektual, model jalur struktural diterapkan untuk data keuangan untuk menganalisis hubungan di antara empat komponen modal intelektual, serta efek kausal modal intelektual terhadap kinerja perusahaan.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa data dari laporan keuangan perusahaan tahun 2007-2010 yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia. Populasi penelitian ini adalah semua perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dari 2007-2010. Sampel penelitian ini adalah 22 perusahaan, dari berbagai sektor, dalam 4 tahun sehingga total sampel 88 perusahaan. Sampel diambil menggunakan metode purposive sampling dan yang memenuhi kriteria pemilihan sampel.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak semua komponen intellectual capital memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan. Innovation capital memiliki hubungan positif dan signifikan dengan customer capital, sementara innovation capital memiliki hubungan negatif dan signifikan dengan human capital. Process capital memiliki hubungan positif dan signifikan dengan customer capital. Human capital memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap kinerja perusahaan, sementara human capital tidak memiliki hubungan signifikan dengan customer capital. Customer capital tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan kinerja perusahaan.
Keywords : | intellectual capital, innovation capita, process capital, human capital, customer capital and business performance, intellectual capital, innovation capital, process capital, human capital, customer capital dan kinerja perusahaan |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Akuntansi |
Depositing User: | Arief Eryka Zendy |
Date Deposited: | 10 Jul 2020 07:52 |
Last Modified: | 10 Jul 2020 07:52 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/5705 |