TRIASDINI, Himaniar and ARFIANTO, Erman Denny,(8 July 2010), PENGARUH CAR, NPL DAN ROA TERHADAP PENYALURAN KREDIT MODAL KERJA (Studi Pada Bank Umum Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2004-2009). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (156kB)
Download (156kB)
Text
Download (100kB)
Download (100kB)
Text
Download (112kB)
Download (112kB)
Text
Download (129kB)
Download (129kB)
Text
Download (118kB)
Download (118kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (788kB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (788kB) | Request a copy
Abstract
Perbankan merupakan bagian yang sangat penting dalam perekonomian,
salah satunya sebagai lembaga intermediasi yang tugasnya menghimpun dana dari
masyarakat dan menyalurkannya kembali dalam bentuk kredit. Menurut data
Bank Indonesia, bahwa dunia perbankan Indonesia sejak tahun 2005-2009
menyalurkan Kredit Modal Kerja lebih banyak jika dibandingkan kredit yang lain
(Kredit Konsumsi dan Investasi). Kredit Modal Kerja ini bertujuan untuk
memenuhi kebutuhan modal kerja perusahaan, baik sektor usaha besar maupun
sektor usaha kecil. Semakin banyak bank menyalurkan Kredit Modal Kerja berarti
akan lebih banyak sektor riil yang dapat menyerap kredit. Untuk itu perlu
diketahui faktor-faktor internal dari sisi perbankan yang diperkirakan
mempengaruhi bank dalam menyalurkan Kredit Modal Kerjanya, yang bisa
berasal dari sisi permodalan yang diproksikan dengan CAR, tingkat kolektibilitas
yang diproksikan dengan NPL dan sisi profitabilitas perbankan yang diproksikan
dengan ROA.
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh bank yang
Listing di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2004-2009. Dan untuk kepentingan
penelitian maka digunkananlah sampel dengan metode purposive sampling
sehingga didapat 16 perusahaan yang memenuhi kriteria. Jenis data yang
digunakan adalah data sekunder yang berasal dari laporan keuangan yang
dipublikasikan dan diunduh melalui situs resmi Bursa Efek Indonesia. Namun
dalam penelitian ini terdapat perbedaan penggunaan tahun amatan. Yaitu untuk
variabel independen (CAR dan NPL) serta variabel dependen Kredit Modal Kerja
tahun amatan yang digunakan dari tahun 2005-2009, sedang untuk variabel
independen berupa ROA digunakan ROA tahun sebelumnya (t-1) yaitu tahun
amatan 2004-2008. Metode analisis yang digunakan adalah Regresi Berganda
dengan tingkat signifikansi 5%.
Dari hasil pengujian yang dilakukan terhadap penelitian ini diketahui
secara simultan diketahui bahwa CAR, NPL, dan ROA berpengaruh secara
signifikan. Sedang dari pengujian secara parsial, diperoleh hasil bahwa CAR nilai
t hitung dari CAR sebesar 3,375 dengan tingkat signifikansi 0,001 yang berarti
CAR berpengaruh positif dan signifikan. Untuk NPL diperoleh nilai t hitung
sebesar -2,509 dengan tingkat signifikansi 0,043 yang berarti NPL berpengaruh
negatif dan signifikan terhadap penyaluran Kredit Modal Kerja. Sedang untuk
ROA diperoleh nilai t hitung sebesar 1,991 dengan tingkat signifikansi 0,009 yang
berarti ROA berpengaruh positif dan signifikan.
Keywords : | channeling credit, CAR, NPL, ROA, Penyaluran Kredit, CAR, NPL, ROA |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Yuwono Yuwono |
Date Deposited: | 15 Jul 2020 07:56 |
Last Modified: | 15 Jul 2020 07:56 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/5857 |