ANALISIS PENGARUH RASIO CAR, NPL, ROA, BOPO DAN LDR TERHADAP PREDIKSI KONDISI BERMASALAH USAHA PERBANKAN DI INDONESIA VERSI MAJALAH INFOBANK (Pada Bank Konvensional yang Terdaftar di BEI Periode 2004- 2008)

NUGROHO, Aji and SAMPURNO, R Djoko,(27 June 2011), ANALISIS PENGARUH RASIO CAR, NPL, ROA, BOPO DAN LDR TERHADAP PREDIKSI KONDISI BERMASALAH USAHA PERBANKAN DI INDONESIA VERSI MAJALAH INFOBANK (Pada Bank Konvensional yang Terdaftar di BEI Periode 2004- 2008). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 1. S - Cover - C2A607010.pdf] Text - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of 4. S - Abstrak (Inggris) - C2A607010.pdf] Text - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of 5. S - Abstrak (Indonesia) - C2A607010.pdf] Text - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of 6. S - Daftar Isi - C2A607010.pdf] Text - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of 12. S - Daftar Pustaka - C2A607010.pdf] Text - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of 16. S - Fulltext PDF Bookmarks - C2A607010.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh variabel Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Loan (NPL), Return on Assets (ROA), Biaya Operasi Terhadap Pendapatan Operasi (BOPO), dan Loan to Deposit Ratio (LDR) terhadap prediksi kondisi bermasalah pada bank. Permasalahan dari penelitian ini adalah karena adanya kontradiksi (research gap) dari penelitian sebelumnya. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh bank konvensional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2004-2008. Data yang digunakan diperoleh dari Indonesian Capital Market Directory dan Direktori Perbankan Indonesia sejak tahun 2004 sampai dengan tahun 2008. Diperoleh jumlah sampel sebanyak 21 bank. Tehnik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian adalah regresi logistik dengan level of significance 5%. Selain itu juga dilakukan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi. Berdasarkan uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi, tidak ditemukan variabel yang menyimpang dari asumsi klasik. Hal ini menunjukkan bahwa data yang tersedia telah memenuhi syarat untuk menggunakan model persamaan regresi logistik. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Return on Assets (ROA) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap prediksi kondisi bermasalah pada bank-bank yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2004-2008 pada level of significance 5%. Sedangkan rasio NPL, BOPO, dan LDR berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap prediksi kondisi bermasalah pada bank-bank yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2004-2008.
Keywords : Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Loan (NPL), Return on Assets (ROA), Biaya Operasi Terhadap Pendapatan Operasi (BOPO), Loan to Deposit Ratio (LDR), Logistic Regression., Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Loan (NPL), Return on Assets (ROA), Biaya Operasi Terhadap Pendapatan Operasi (BOPO), Loan to Deposit Ratio (LDR), regresi logistik.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Arief Eryka Zendy
Date Deposited: 16 Jul 2020 02:49
Last Modified: 16 Jul 2020 02:49
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/5868

Actions (login required)

View Item
View Item