WARDHANI, Evrina and IDRIS, Idris,(24 September 2010), ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN NILAI PELANGGAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN ( Studi pada Pelanggan Kedai Digital 23 Semarang ). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (44kB)
Download (44kB)
Text
Download (64kB)
Download (64kB)
Text
Download (65kB)
Download (65kB)
Text
Download (70kB)
Download (70kB)
Text
Download (82kB)
Download (82kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Bisnis personal merchandise berkembang begitu pesat dalam beberapa
tahun terakhir. Fenomena tersebut menyebabkan tiap perusahaan sejenis bersaing
untuk mempertahankan pelanggan salah satunya melalui strategi peningkatan
kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan dapat diciptakan melalui kualitas
produk, kualitas pelayanan, dan nilai pelanggan yang diberikan perusahaan
kepada pelanggan. Secara khusus, penelitian ini membahas kepuasan pelanggan
Kedai Digital 23 Semarang. Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini
adalah “Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan Kedai Digital 23
Semarang”. Penelitian ini menguji tiga variabel independen yaitu kualitas produk,
kualitas pelayanan, dan nilai pelanggan yang dapat mempengaruhi kepuasan
pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ketiga
variabel independen tersebut terhadap kepuasan pelanggan.
Penelitian ini dilakukan dengan metode kuesioner terhadap 125 orang
pelanggan Kedai Digital 23 Semarang yang diperoleh dengan menggunakan
teknik accidental sampling. Kemudian dilakukan analisis terhadap data-data yang
diperoleh berupa analisis kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif meliputi uji
validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji
Goodness of Fit melalui koefisien regresi (R2), uji F, dan uji t. Analisis kualitatif
merupakan interpretasi data yang diperoleh dalam penelitian serta hasil
pengolahan data yang sudah dilaksanakan dengan memberi keterangan dan
penjelasan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua variabel independen
yang diuji berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan
melalui uji F dan uji t, sedangkan angka Adjusted R Square sebesar 0,913
menunjukkan 91,3% variasi kepuasan pelanggan Kedai Digital 23 Semarang yang
dapat dijelaskan oleh ketiga variabel independen tersebut, dimana sisanya 8,7%
dijelaskan oleh faktor-faktor lain di luar penelitian ini.
Keywords : | Customer Satisfaction, Product Quality, Service Quality and Customer Value, Kepuasan Pelanggan, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Nilai Pelanggan |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Users 15 not found. |
Date Deposited: | 22 Jul 2020 07:42 |
Last Modified: | 22 Jul 2020 07:42 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/6176 |