TRIUPAYANTO, Ajhiyang Pangandel and SUGIARTO, Sugiyarto,(21 March 2012), ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN INTI DAN KUALITAS PELAYANAN PERIFERAL MELALUI KEPUASAN KONSUMEN PADA MINAT MEREFERENSIKAN JASA PENGGUNA JASA LAPANGAN FUTSAL (Studi kasus Pada Seluruh Konsumen Pengguna Jasa Lapangan Futsal di KNIGHT Futsal Center Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (166kB)
Download (166kB)
Text
Download (168kB)
Download (168kB)
Text
Download (173kB)
Download (173kB)
Text
Download (147kB)
Download (147kB)
Text
Download (210kB)
Download (210kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persaingan bisnis jasa yang semakin
ketat terutama bisnis jasa lapangan futsal diwilayah Semarang. Banyaknya
kualitas yang dimiliki masing - masing lapangan futsal membuat berbagai pilihan
bagi konsumen. Hal ini juga berakibat pada turunnya persentase jumlah pengguna
harian lapangan futsal di KNIGHT Futsal Center. Adapun masalah penelitian ini
adalah “ factor – factor apa sajakah yang dapat meningkatkan jumlah pengguna
harian lapangan futsal di KNIGHT Futsal Center ?”. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui apakah kualitas inti, kualitas peripheral, dan minat
mereferensikan jasa berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada perusahaan
jasa lapangan futsal di KNIGHT.
Data dikumpulkan melalui metode kuesioner terhadap 100 orang
responden/pengguna jasa lapangan futsal di KNIGHT Futsal Center yang
diperoleh dengan menggunakan teknik Non Probability Sampling. Analisis yang
dilakukan adalah analisis regresi ganda, adapun tahap – tahap pengujiannya
adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi ganda,
pengujian hipotesis melalui Uji F dan Uji t, dan koefisien determinasi.
Dari analisis regresi antara kualitas inti (X
vii
1
) dan kualitas peripheral (X
)
terhadap kepuasan konsumen (Y
1
). Koefisien regresi kualitas inti (X
)
menunjukkan bahwa jika kualitas inti semakin baik, maka kepuasan konsumen
akan meningkat sedangkan koefisien regresi kualitas peripheral (X
)
menunjukkan bahwa jika kualitas peripheral semakin baik, maka kepuasan
konsumen akan semakin meningkat. Analisis regresi antara kualitas inti (X
),
kualitas peripheral (X
2
), dan kepuasan konsumen (Y
), terhadap minat
mereferensikan jasa (Y
2
1
) . Pengaruh paling besar terhadap minat mereferensikan
jasa (Y
2
) yaitu variabel kualitas inti (X
), selanjutnya diikuti oleh variabel kualitas
peripheral (X
2
1
) dan kepuasan konsumen. Perusahaan KNIGHT Futsal Center
perlu mempertahankan elemen – elemen yang sudah dinilai baik oleh pemakai
jasa lapangan futsal serta perlu memperbaiki hal – hal yang masih kurang.
Keywords : | Core Service Quality, Peripherals Service Quality, Consumer Satisfaction, and Interest in Reference Services, Kualitas inti, Kualitas Periferal, Kepuasan Konsumen, dan minat mereferensikan jasa |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Heru Prastyo |
Date Deposited: | 29 Jul 2020 08:40 |
Last Modified: | 29 Jul 2020 08:40 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/6378 |