YUNIANI, Anggun and PAMUDJI, Sugeng,(28 September 2010), PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (38kB)
Download (38kB)
Text
Download (23kB)
Download (23kB)
Text
Download (16kB)
Download (16kB)
Text
Download (18kB)
Download (18kB)
Text
Download (29kB)
Download (29kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (464kB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (464kB) | Request a copy
Abstract
Keberhasilan hidup mahasiswa tidak hanya dipengaruhi oleh kecerdasan
intelektual (IQ) semata, tetapi juga dipengaruhi oleh kecerdasan lain yaitu
kecerdasan emosional (EQ). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
apakah kecerdasan emosional mempengaruhi tingkat pemahaman akuntansi.
Kecerdasan emosional diukur mulai pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi,
empati, dan ketrampilan sosial, sedangkan tingkat pemahaman akuntansi diukur
berdasarkan nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK).
Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi ekstensi
fakultas ekonomi Universitas Diponegoro angkatan 2007 sebanyak 120. Sampel
pengambilan populasi itu 100. Data diperoleh melalui metode kuesioner dengan
skala likert, yang diadopsi dari Bulo (2002). Pendefinisian sampel menggunakan
metode Solvin, sedangkan analisisnya menggunakan metode analisis linier
berganda. Variabel-variabel bebas dalam penelitian ini adalah pengenalan diri,
pengendalian diri, motivasi, empati, dan ketrampilan sosial; sedangkan variabel
terikatnya adalah tingakat pemahaman akuntansi mahasiswa (Indeks Prestasi
Kumulatif). Data yang diperoleh dengan bantuan software SPSS 13.
Berdasarkan hasilnya, dari lima hipotesis yang dikemukakan, hipotesis 1,
2, dan 3 diterima yang menyatakan bahwa pengenalan diri, pengendalian diri,
motivasi berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa.
Sedangkan hipotesis 4 dan 5 ditolak yang menyatakan bahwa empati dan
ketrampilan sosial tidak bepengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi.
Banyak faktor-faktor kecerdasan emosional yang berpengaruh dalam kehidupan
individual, dalam hal ini mahasiswa. Misalnya faktor tekanan mental, lingkungan
pergaulan, trauma kegagalan, masalah pribadi, kegiatan diluar kampus (bekerja),
budaya, atau bisa saja disebabkan oleh perilaku belajar mahasiswa.
Keywords : | Emotional intelligence (EQ), Accountancy Understanding Level (IPK), self introduction, self control, motivation, empathy and social ability., Kecerdasan emosional (EQ), Tingkat Pemahaman Akuntansi (IPK), pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati, dan ketrampilan sosial. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Akuntansi |
Depositing User: | Elok Inajati |
Date Deposited: | 04 Aug 2020 06:21 |
Last Modified: | 04 Aug 2020 06:21 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/6513 |