AJI, Aditya Taufan Putranto and SANTOSA, Suryono Budi,(21 November 2013), ANALISIS PENGARUH ATRIBUT PRODUK TABUNGAN BRITAMA TERHADAP LOYALITAS NASABAH (Studi Pada BRI Kantor Cabang Pattimura Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (30kB)
Download (30kB)
Text
Download (16kB)
Download (16kB)
Text
Download (16kB)
Download (16kB)
Text
Download (27kB)
Download (27kB)
Text
Download (20kB)
Download (20kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (686kB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (686kB) | Request a copy
Abstract
Persaingan di dunia bisnis saat ini semakin ketat. Hal ini juga dirasakan para
pelaku bisnis di bidang perbankan yang dituntut untuk mempunyai kualitas pelayanan
yang lebih baik sehingga mampu memberikan kepuasan nasabahnya.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, fitur
produk, dan desain produk tabungan BritAma terhadap loyalitas nasabah bank BRI
Cabang Pattimura Semarang. Pengambilan sample dalam penelitian ini menggunakan
teknik non probability sampling, dan menggunakan metode jenis accidental sampling.
Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi liniear berganda,
dengan menggunakan tahapan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Dan
kemudian hipotesis dibuktikan dengan uji t, uji F, dan koefisiensi determinasi (R²).
Hasil dari analisis regresi liniear berganda yang telah dilakukan diperoleh
hasil yaitu,
Y = 0.306 X1 + 0.433 X2 + 0.274 X3
Artinya bahwa semua variabel independen yaitu kualitas produk, fitur produk,
dan desain produk mempunya pengaruh positif terhadap variabel dependen yaitu
loyalitas nasabah / konsumen. Variabel independen yang paling berpengaruh terhadap
variabel dependen adalah variabel fitur produk (0,433), diikuti oleh variabel kualitas
produk (0,306), dan kemudian variabel desain produk (0,274). Semua variabel
memiliki nilai signifikansi <0,05 , yang artinya bahwa semua variabel independen
signifikan terhadap variabel dependen atau lolos uji t dan uji F. Dan koefisien
determinasi (adjusted R²) yang diperoleh sebesar 0,503. Hal ini berarti 50,3%
loyalitas nasabah dipengaruhi oleh variabel kualitas produk, fitur produk, dan desain
produk. Sedangkan sisanya yaitu 49,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak
dijelaskan dalam penelitian ini.
Keywords : | customer loyalty, quality product, features product, design product, Loyalitas nasabah, kualitas produk, fitur produk, desain produk |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Yuwono Yuwono |
Date Deposited: | 18 Aug 2020 08:07 |
Last Modified: | 18 Aug 2020 08:07 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/6584 |