FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DALAM LAPORAN TAHUNAN PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia)

FAHRIZQI, Anggara and DARSONO, Darsono,(15 October 2010), FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DALAM LAPORAN TAHUNAN PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S - Fulltext PDF Bookmark - C2C005227.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada perusahaan manufaktur di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan tanggung jawab sosial (CSR) dalam laporan tahunan perusahaan manufaktur yang ada di Indonesia. CSR merupakan praktik bisnis transparan, yang didasarkan pada nilai-nilai etika, dengan memberikan perhatian pada karyawan, masyarakat dan lingkungan, serta dirancang untuk dapat memenuhi keinginan para pemegang saham dan juga masyarakat secara umum. Atas dasar hal ini, penelitian ini didasarkan pada keyakinan (ontologi) bahwa CSR adalah bentuk tanggung jawab bisnis yang berorientasi pada pemenuhan harapan publik terhadap keberadaan suatu bisnis dengan harapan perusahaan memperoleh legitimasi dari publik. Pertanyaan penelitian utama dalam studi ini adalah faktor-faktor apakah yang mempengaruhi pengungkapan CSR oleh perusahaan manufaktur di Indonesia. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah content analysis terhadap pengungkapan sosial dalam laporan tahunan perusahaan. Content analysis dilakukan dengan metode check list terhadap item-item pengungkapan sosial dalam laporan tahunan perusahaan. Penelitian ini dilakukan terhadap perusahaan manufaktur di Indonesia yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia periode 2005-2008. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan CSR dalam perusahaan manufaktur di Indonesia sangat beragam. Penelitian ini meneliti bagaimana pengaruh ukuran perusahaan, profatibilitas, laverage, dan ukuran dewan komisaris terhadap pengungkapan CSR yang dilakukan oleh perusahaan. Penelitian ini menunjukkan bahwa praktik dan pengungkapan CSR sebagai bidang cakupan akuntansi dipengaruhi secara signifikan oleh ukuran perusahaan dan profitabilitas perusahaan. Faktor-faktor lain yang diteliti dalam penelitian ini seperti leverage dan ukuran dewan komisaris tidak mempengaruhi pengungkapan CSR yang dilakukan oleh perusahaan
Keywords : corporate social responsibility (CSR), disclosure, stakeholder. Factors that influence the CSR, company size, profitability, laverage, size of the board of commissioners, tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), pengungkapan, stakeholder. Faktor-faktor yang mempengaruhi CSR, ukuran perusahaan, profitabilitas, laverage, ukuran perusahaan.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Elok Inajati
Date Deposited: 02 Sep 2020 07:14
Last Modified: 02 Sep 2020 07:14
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/6739

Actions (login required)

View Item
View Item