YOGASARA, Fadli Ahmad and MAS'UD, Fuad,(18 June 2020), PENERAPAN NILAI-NILAI ISLAM DALAM PRAKTIK MANAJAMEN BERBASIS ISLAM (Studi Kasus Hotel Haz Syariah Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
- Published Version
Download (31kB)
Download (31kB)
Text
- Published Version
Download (245kB)
Download (245kB)
Text
- Published Version
Download (147kB)
Download (147kB)
Text
- Published Version
Download (320kB)
Download (320kB)
Text
- Published Version
Download (378kB)
Download (378kB)
Text
- Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Penerapan manajemen bisnis di Indonesia hingga saat ini cenderung lebih banyak berasal dari ilmu manajemen negara-negara Barat. Hal tersebut dapat dilihatnya dari banyaknya literatur manajemen bisnis yang diterapkan oleh Indonesia. Beberapa literatur menjelaskan bahwa ilmu manajemen yang berasal dari Barat penerapannya terlepas dari agama, sedangkan Indonesia sendiri merupakan salah satu negara muslim terbesar yang berketuhanan. Hal ini menjadikan penerapan manajemen berbasis Islam di Indonesia sudah berkembang pada berbagai bidang terutama pariwisata. Dengan demikian, penulis ingin memberikan hasil penelitian terkait dengan nilai-nilai Islam yang diterapkan dalam manajemen berbasis Islam pada bidang pariwisata khususnya perhotelan.
Penerapan nilai-nilai Islam dalam manajemen berbasis Islam merupakan praktik keseluruhan manajemen yang berlandaskan pada al-Quran dan as-Sunnah. Agar dapat berjalan dengan baik dan efektif oleh perusahaan/organisasi Islam harus dilandasi oleh nilai-nilai Islam. Maka dari itu, penelitian ini menganalisis sejauh mana hubungan dan peran nilai-nilai Islam dalam manajemen berbasis Islam berdasarkan pemahaman pimpinan dan staff perusahaan/organisasi Islam pada bidang pariwisata.
Metode yang digunakan peneliti adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus instrumental tunggal dimana peneliti hanya fokus pada satu isu tertentu. Alasan pemilihan metode tersebut adalah agar peneliti dapat fokus dan memahami secara langsung di lapangan mengenai penerapan nilai-nilai islam dalam praktik manajemen berbasis Islam pada Hotel Haz Syariah Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pimpinan dan staff sudah cukup memahami dengan baik penerapan nilai-nilai Islam dalam manajemen berbisnis. Nilai-nilai tersebut yakni amanah dan tanggung jawab, tolong-menolong, adil, ihsan, halallan thayyiban, dan musyawarah. Terdapat juga nilai-nilai yang tidak dibahas dalam penelitian ini yaitu kejujuran, toleransi dan rasa kemanusiaan.
Keywords : | Islamic Management, Islamic Values, Principles of Islamic based business management, Manajemen Islam, Nilai-nilai Islam, Prinsip-prinsip manajemen bisnis berbasis Islam |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Ekonomi Islam |
Depositing User: | Endhar Priyo Utomo |
Date Deposited: | 25 Sep 2020 07:22 |
Last Modified: | 25 Sep 2020 07:22 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/6823 |