SETIYAWAN, Agung Dwi and DIRGANTARA, I Made Bayu,(12 June 2020), PENGARUH KUALITAS LAYANAN, KEPUASAN PELANGGAN, DAN PERSEPSI NILAI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PERUSAHAAN PENGAPALAN PETI KEMAS DI PELABUHAN TANJUNG EMAS SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (204kB)
Download (204kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (275kB)
Download (275kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (186kB)
Download (186kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (298kB)
Download (298kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (438kB)
Download (438kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Sebagai salah satu komponen vital rantai pasokan global, industri
pengapalan peti kemas telah mengalami pasang surut selama beberapa dekade
terakhir. Seiring dengan penurunan ekonomi dunia beberapa tahun ini, industri ini
juga mengalami dampak langsung yang mungkin merupakan salah satu yang
terbesar dalam sejarah. Mulai dari kebangkrutan salah satu perusahaan pengapalan
peti kemas terbesar di dunia, hingga banyak terjadinya kasus merger dan akuisisi
secara geopolitik selama lima tahun terakhir.
Saat ini jumlah perusahaan pengapalan petikemas di dunia mengalami
penyusutan karena banyaknya perubahan yang telah terjadi. Akibatnya, terjadilah
persaingan yang semakin ketat. Untuk terus bisa bertahan dalam kompetisi, setiap
perusahaan harus mampu menentukan strategi tertentu yang akan membedakan
mereka dari para pesaing untuk kemudian muncul sebagai pemenang. Jadi, apa
yang harus dilakukan untuk mencapainya? Faktor-faktor apa yang akan membantu
mereka bertahan dan bahkan bisa lebih mengembangkan bisnis mereka? Bagaimana
perusahaan-perusahaan ini memenangkan hati pelanggan mereka di tengah-tengah
kompetisi ketat yang mereka alami?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat layanan yang
diberikan oleh perusahaan-perusahaan pengapalan peti kemas memberikan dampak
langsung pada kepuasan pelanggan dan nilai-nilai yang dirasakan, sehingga pada
akhirnya akan meningkatkan loyalitas pelanggan, dalam upaya mereka untuk
memenangkan kompetisi. Fokus penelitian ini tidak hanya pada faktor-faktor apa
yang kemungkinan besar akan menarik pelanggan untuk memanfaatkan layanan
yang ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan pengapalan, tetapi juga untuk
mengetahui elemen-elemen apa yang nantinya akan membangun loyalitas
pelanggan atas jasa yang diberikan. Secara geografis, penelitian ini dilakukan di
wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya, di mana pergerakan barang-barang dalam peti
kemas dilakukan melalui pelabuhan Tanjung Emas, di Semarang.
Studi ini mengungkapkan fakta bahwa ada korelasi antara kualitas layanan,
kepuasan pelanggan, nilai yang dirasakan serta loyalitas pelanggan. Kualitas
layanan akan memengaruhi kepuasan pelanggan dan pada gilirannya, akan
membentuk nilai yang dirasakan dari sudut pandang pelanggan. Secara simultan
kepuasan pelanggan juga akan memengaruhi loyalitas pelanggan terhadap layanan
yang ditawarkan oleh perusahaan tertentu. Pada saat yang sama pula, nilai -nilai
positif yang diraskan pelanggan juga akan memberikan dampak positif terhadap
loyalitas.
Keywords : | service quality, customers satisfaction, perceived value, customer loyalty, containerized shipping lines., kualitas layanan, kepuasan pelanggan, nilai yang dirasakan, loyalitas pelanggan, jalur pengiriman kemas. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Nila Nurjanah |
Date Deposited: | 30 Sep 2020 02:40 |
Last Modified: | 30 Sep 2020 02:40 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/6879 |