RACHMAWATI, Endang and SOFYAN, H. Syuhada,(29 February 2012), STUDI TENTANG STRATEGI BISNIS BERBASIS PELAYANAN PADA WARNET DI KECAMATAN KUWU GROBOGAN. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (388kB)
Download (388kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (358kB)
Download (358kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (357kB)
Download (357kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (371kB)
Download (371kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (365kB)
Download (365kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Kebutuhan pelanggan akan sangat menentukan kualitas yang akan diberikan
oleh pemilik dan pengelola warnet di kecamatan Kuwu, Grobogan, untuk
menentukan strategi bisnis berbasis pelayanan sehingga kualitas yang tinggi bukan
berdasar pada persepsi pelanggan melainkan berdasar pada persepsi pemilik dan
pengelola. Oleh sebab itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat
kesesuaian Kualitas Operator, Fasilitas Lokasi dan Persepsi akan Harga yang
diberikan oleh perusahaan dengan harapan pemilik dan pengelola.
Data mengenai Kualitas Operator, Fasilitas Lokasi dan Persepsi akan Harga
dikumpulkan melalui wawancara dengan menggunakan kuesioner kepada pmilik dan
pengelola warnet. Selanjutnya, data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan
teknikImportance Performance Analysis (IPA).
Hasil Importance Performance Analysis (IPA) menunjukkan bahwa indikator
Kualitas Operator yang meliputi : Kecepatan Pelayanan dan Penampilan Fisik
Operator dalam Kuadran A. Indikator Pengetahuan terhadap produk; Sikap ramah
terhadap pelanggan; Merespon permintaan dalam Kuadran B;indikator Memahami
kebutuhan pelanggan; Memperlakukan pelanggan sebagai VIP; Melibatkan
pelanggan sebagai bagian perusahaan; Penampilan non fisik operator dalam
kuadran C dan indikator . Melayani pelanggan dengan perasaan dan
Mendengarkan pelanggan dalam kuadran D. Indikator variabel Fasilitas Lokasi,
yaitu Ruangan yang bebas asap rokok dan Kebersihan lingkungan berada di
kuadran A. Indikator Ruangan yang rapi dan Parkir yang Aman dalam Kuadran B.
Indikator Ruangan yang tidak ramai dan Menyediakan fasilitas lain dalam
kuadran C. Indikator variabel Persepsi akan Harga yaitu Kesesuain antara
fasilitas dengan biaya yang dibayarkan; Kesesuaian antara kecepatan akses
dengan biaya yang dibayarkan dan Harga yang menarik dalam kuadran B;
Potongan harga dan Bonus atau hadiah dalam kuadran C.
Berdasarkan hasil analisis IPA, maka untuk meningkatkan kesesuaian harapan
pemilik dan pengelola dan kinerja perusahaan atas kesesuaian Kualitas Operator,
Fasilitas Lokasi dan Persepsi akan Harga dilakukan melalui perbaikan dan
peningkatan indikator Memahami kebutuhan pelanggan; Memperlakukan
pelanggan sebagai VIP; Melibatkan pelanggan sebagai bagian perusahaan;
Penampilan non fisik operator; Melayani pelanggan dengan perasaan dan
Mendengarkan pelanggan; Ruangan yang tidak ramai dan Menyediakan fasilitas
lain; Potongan harga dan Bonus atau hadiah
Keywords : | Quality Carriers, Facility Location and the Perception of Price, ualitas Operator, Fasilitas Lokasi dan Persepsi akan Harga |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Eriana Ringgowati |
Date Deposited: | 09 Oct 2020 08:24 |
Last Modified: | 09 Oct 2020 08:24 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/7118 |