ANALISIS PENGARUH IMPULSE BUYING TENDENCY, SHOPPING ENJOYMENT TENDENCY, MATERIALISM, SITUATIONAL FACTOR DAN SALES PROMOTION TERHADAP IMPULSE BUYING (Studi Pada Mahasiswa dan Mahasiswi Konsumen Shopee di Kota Semarang Pada Saat Terjadi Pandemi Covid-19)

PUTRI, Wikka Nindya and INDRIANI, Farida,(27 August 2020), ANALISIS PENGARUH IMPULSE BUYING TENDENCY, SHOPPING ENJOYMENT TENDENCY, MATERIALISM, SITUATIONAL FACTOR DAN SALES PROMOTION TERHADAP IMPULSE BUYING (Studi Pada Mahasiswa dan Mahasiswi Konsumen Shopee di Kota Semarang Pada Saat Terjadi Pandemi Covid-19). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (186kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (164kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (164kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (270kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (300kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia pada tahun 2020 ini telah menimbulkan pembatasan sosial berskala besar yang memaksa masyarakat untuk melakukan aktifitasnya dari dalam rumah dan menimbulkan rasa takut untuk berpergian keluar rumah. Hal ini berdampak pada sektor jual-beli, dimana saat ini masyarakat melakukan kegiatan tersebut melalui dunia digital, termasuk melalui e-commerce. E-commerce telah menjadi pilihan banyak pedagang maupun konsumen karena transaksi yang dilakukan tergolong mudah dan dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun tanpa terbatas ruang dan waktu yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat pada masa terjadinya pendemi Covid-19. Dengan adanya hal tersebut, masyarakat dinilai lebih konsumtif dan impulsif ketika melakukan pembelian melalui e-commerce. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku impulse buying pada masyarakat terutama mahasiswa dan mahasiswi saat terjadi pandemic Covid-19. Penelitian ini mengguanakan sampel sebanyak 100 orang mahasiswa dan mahasiswi di Kota Semarang yang pernah melakukan pembelian pada Shopee selama masa pandemic Covid-19. Dengan metode pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dan purposive sampling serta metode pengumpulan data melalui penyebaran kuisioner. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan program SPSS 23. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa impulse buing tendency , shopping enjoyment tendency, materialism, situational factors dan sales promotion berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa gender tidak berpengaruh terhadap impulse buying yang dilakukan responden. Dimana tidak ada perbedaan yang signifikan antara laki-laki dan perempuan terhadap perspektif impulse buying.
Keywords : Impulse Buying, Impulse Buying Tendency, Shopiing Enjoyment Tendency, Materialism, Situational Factors, Sales Promotion, Consumer Behavior, Impulse Buying, Impulse Buying Tendency, Shopiing Enjoyment Tendency, Materialism, Situational Factors, Sales Promotion, Perilaku Konsumen
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Arief Eryka Zendy
Date Deposited: 21 Oct 2020 03:10
Last Modified: 21 Oct 2020 03:10
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/7400

Actions (login required)

View Item
View Item