NOVITAYANTI, Stevia Rizky and SUGIARTO, Yohanes,(22 May 2014), ANALISIS PENGARUH CITRA PRODUK DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN WORD OF MOUTH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PRODUK SMARTPHONE BLACKBERRY (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya penurunan penjualan smartphone Blackberry dalam
kurun waktu 2011-2013. Penurunan penjualan ini menunjukkan adanya penurunan tingkat
loyalitas pelanggan pada produk smartphone Blackberry sehingga dapat dirumuskan dalam
penelitian ini bahwa bagaimana loyalitas seorang pelanggan terhadap smartphone Blackberry di
tengah fenomena persaingan smartphone yang semakin ketat yang berdasarkan pada citra produk
dan kepuasan pelanggan melalui word of mouth sebagai variabel intervening. Tujuan penelitian
ini adalah untuk menganalisis pengaruh langsung dan tidak langsung citra produk dan kepuasan
terhadap loyalitas, melalui word of mouth sebagai variable intervening.
Data diperoleh dari penyebaran kuesioner terhadap 112 konsumen di Fakultas
Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro dengan menggunakan teknik Purposive
Sampling. Lima hipotesis diformulasikan dan diuji menggunakan Structural Equation Modeling
(SEM). Hasil penelian ini menunjukkan bahwa hubungan kausalitas antar variabel-variabel yang
mempengaruhi dengan kriteria Goodness of Fit yaitu Chi-square= 68,327; Significance
probability = 0,079; RMSEA = 0,075; CMIN/DF = 1,921; TLI = 0,978; CFI = 0,960; GFI =
0,972 dan AGFI = 0,934. Diantaranya bahwa citra produk berpengaruh positif terhadap word of
mouth. Kepuasan pelanggan berpengaruh positif terhadap word of mouth. Citra produk
berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan. Kepuasan pelanggan berpengaruh positif
terhadap loyalitas pelanggan. Word of mouth berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan.
Keywords : | Image product, Customer Satisfaction, Customer Loyalty and Word Of Mouth, Citra produk, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan dan Word Of Mouth |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Mohamad Sulamul Hadi |
Date Deposited: | 21 Oct 2020 06:48 |
Last Modified: | 21 Oct 2020 06:48 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/7410 |