ATTIQ, Khoirul and DJASTUTI, Indi and SUFIAN, Syuhada,(10 December 2019), PENGARUH KEPEMIMPINAN YANG MELAYANI DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP KEPUASAN KERJA DENGAN KELELAHAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Guru SMA Negeri 3 Pemalang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Abstrak (Inggris)
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Abstrak (Indonesia)
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Daftar Pustaka)
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Bookmark)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Tuntutan perkembangan dunia pendidikan menjadi suatu hal yang tidak dapat dihindari bagi guru. Situasi kerja yang secara terus menerus menuntut keterlibatan fisik, komitmen dan peran emosional yang tinggi dapat memicu terjadinya kelelahan kerja dan menurunnya kepuasan kerja. Peran pemimpin melalui gaya kepemimpinan yang melayani dan dukungan sosial sekaligus model perilaku yang diobservasi oleh anggota organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh servant leadership dan dukungan sosial terhadap kepuasan kerja dengan kelelahan kerja sebagai variabel intervening.
Populasi target pada penelitian ini adalah 57 guru di SMA Negeri Pemalang dimana seluruhnya digunakan sebagai sampel. Metode analisis data menggunakan structure equation modeling - partial least square (SEM-PLS) dengan software SmartPLS versi 3.2.8.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa servant leadership, dan dukungan sosial berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja. Selain itu, dukungan sosial juga terbukti berpengaruh negatif terhadap kelelahan kerja. Sedangkan servant leadership tidak berpengaruh negatif terhadap kelelahan kerja. Kelelahan kerja tidak berpengaruh negatif terhadap kepuasan kerja.
Keywords : | Servant Leadership, Social Support, Leadership, Leadership, Burnout, Job Satisfaction, Servant Leadership, Dukungan Sosial, Kepemimpinan, Kepemimpinan yang melayani, Burnout, Kepuasan Kerja |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Yuwono Yuwono |
Date Deposited: | 23 Oct 2020 08:04 |
Last Modified: | 23 Oct 2020 08:04 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/7476 |