PENGARUH KEPEMIMPINAN YANG MELAYANI DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP KEPUASAN KERJA DENGAN KELELAHAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Guru SMA Negeri 3 Pemalang)

ATTIQ, Khoirul and DJASTUTI, Indi and SUFIAN, Syuhada,(10 December 2019), PENGARUH KEPEMIMPINAN YANG MELAYANI DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP KEPUASAN KERJA DENGAN KELELAHAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Guru SMA Negeri 3 Pemalang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris] Text (Abstrak (Inggris) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia] Text (Abstrak (Indonesia) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Download (2MB)
[thumbnail of Bookmark] Text (Bookmark)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tuntutan perkembangan dunia pendidikan menjadi suatu hal yang tidak dapat dihindari bagi guru. Situasi kerja yang secara terus menerus menuntut keterlibatan fisik, komitmen dan peran emosional yang tinggi dapat memicu terjadinya kelelahan kerja dan menurunnya kepuasan kerja. Peran pemimpin melalui gaya kepemimpinan yang melayani dan dukungan sosial sekaligus model perilaku yang diobservasi oleh anggota organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh servant leadership dan dukungan sosial terhadap kepuasan kerja dengan kelelahan kerja sebagai variabel intervening. Populasi target pada penelitian ini adalah 57 guru di SMA Negeri Pemalang dimana seluruhnya digunakan sebagai sampel. Metode analisis data menggunakan structure equation modeling - partial least square (SEM-PLS) dengan software SmartPLS versi 3.2.8. Hasil penelitian menunjukkan bahwa servant leadership, dan dukungan sosial berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja. Selain itu, dukungan sosial juga terbukti berpengaruh negatif terhadap kelelahan kerja. Sedangkan servant leadership tidak berpengaruh negatif terhadap kelelahan kerja. Kelelahan kerja tidak berpengaruh negatif terhadap kepuasan kerja.
Keywords : Servant Leadership, Social Support, Leadership, Leadership, Burnout, Job Satisfaction, Servant Leadership, Dukungan Sosial, Kepemimpinan, Kepemimpinan yang melayani, Burnout, Kepuasan Kerja
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Yuwono Yuwono
Date Deposited: 23 Oct 2020 08:04
Last Modified: 23 Oct 2020 08:04
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/7476

Actions (login required)

View Item
View Item