STRATEGI MANAJEMEN PEMELIHARAAN UNTUK MENGOPTIMALKAN KONTRIBUSI PADA KINERJA PERUSAHAAN (Studi Kasus pada PT INDONESIA POWER UP.SEMARANG)

SABILA, Dandy Alfian and RAHARDJO, Susilo Toto and MAHFUDZ, Mahfudz,(27 February 2019), STRATEGI MANAJEMEN PEMELIHARAAN UNTUK MENGOPTIMALKAN KONTRIBUSI PADA KINERJA PERUSAHAAN (Studi Kasus pada PT INDONESIA POWER UP.SEMARANG). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (531kB)
[thumbnail of Abstrak-Inggris] Text (Abstrak-Inggris) - Published Version
Download (515kB)
[thumbnail of Abstrak-Indonesia] Text (Abstrak-Indonesia) - Published Version
Download (624kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (650kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (649kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia Power UP Semarang merupakan salah satu pemasok listrik untuk PLN yang harus bersaing dengan PJB dan IPP / Swasta. Indikator kinerja operasi pembangkit yang terdiri dari faktor keandalan (Equivalent Availability Factor / EAF), faktor gangguan (Equivalent Forced Outage Rate / EFOR) dan efisiensi thermal sangat diperhitungkan. Penelitian studi kasus “strategi manajemen pemeliharaan untuk mengoptimalkan kontribusi pada kinerja perusahaan di Pembangkit Listrik UP Semarang” dilakukan menggunakan metode kualitatif dan analisis Fish Bone Diagram yang digunakan untuk mengenggali informasi terkait optimalisasi kinerja manajemen pemeliharaan. Berdasarkan analisa yang dilakakuan ditemukan bahwa faktor penyebab utama gangguan operasi pembangkit dibagi menjadi dua, penyebab yang pertama diluar kendali management UP Semarang seperti life time machine, pola operasi start-stop, anggaran pemeliharaan yang terbatas. Faktor yang kedua sebenarnya masih dapat dikendalikan management UP Semarang dari aspek people dan methode. kontribusi manajemen pemeliharaan terhadap kinerja perusahaan belum optimal untuk mencapai perbaikan substansial, kelemahannya ada pada tata kelola WPC karena kurang konsisten dalam pelaksanaannya, sedangkan upaya yang telah dilakukan belum maksimal untuk mencapai optimalisasi terhadap kinerja perusahaan karena setiap elemen proses masih kurang sinergi. Berdasarkan hasil kesimpulan, dapat dilakukan impikasi kebijakan dengan meningkatkan metode pemeliharaan dan membenahi kualitas SDM serta leadership.
Keywords : Power Plant Performance, Maintenance Strategy, Optimization., Kinerja Pembangkit listrik, Strategi Pemeliharaan, Optimalisasi.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Yuwono Yuwono
Date Deposited: 10 Dec 2020 08:29
Last Modified: 10 Dec 2020 08:29
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/7774

Actions (login required)

View Item
View Item