NOVITANINGTYAS, Angelia Dyah Ika and MAS'UD, Fuad and PERDHANA, Mirwan Surya,(11 December 2020), RAHASIA SUKSES PEREMPUAN PENGUSAHA MUSLIM (Studi Naratif pada Catering Anisa Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (0B)
Download (0B)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (0B)
Download (0B)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (0B)
Download (0B)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (0B)
Download (0B)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (0B)
Download (0B)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (0B) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (0B) | Request a copy
Abstract
Dalam bidang ekonomi, wirausaha disebut sebagai pejuang bangsa hal ini
dikarenakan ketahanan nasional dapat meningkat dengan kehadiran mereka, selain
itu juga mengurangi ketergantungan pada bangsa lain. Kewirausahaan perempuan
berarti usaha didirikan dan dikelola oleh perempuan, Islam menganggap wanita
memiliki hak istimewa yang tidak dimiliki oleh system lain. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalis rahasia sukses perempuan pengusaha muslim dengan
melihat latar belakang keluarga, karakteristik kepribadian dan nilai-nilai Islam
yang mendorong kesuksesan bisnis serta faktor-faktor penentu keberhasilan bisnis
lainnya.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif naratif. Menurut Creswell
(2007) penelitian naratif biasanya berfokus pada studi satu orang atau individu
tunggal serta bagaimana individu ini memberikan makna terhadap pengalamannya
melalui cerita-cerita yang disampaikan, pengumpulan data dengan cara
mengumpulkan cerita, pelaporan pengalaman individu dan membahas arti
pengalaman itu bagi individu. sumber data yang digunakan adalah data primer
dan sekunder yang didapatkan dari wawancara langsung mendalam dengan
narasumber yaitu pengusaha perempuan muslim di Kota Semarang yang bergerak
dalam bidang kuliner (catering) dimana usahanya sudah berdiri lebih dari 15
tahun fokus pada satu narasumber.
Penelitian ini diharapkan dapat menjawab pertanyaan apakah latar belakang
keluarga, karakteristik kepribadian serta nilai-nilai Islam mendukung kesuksesan
pengusaha perempuan muslim dalam mendirikan bisnis. Hasil dari penelitian ini
menunjukkan bahwa latar belakang keluarga, karakteristik kepribadian seperti
motivasi bekerja keras, disiplin, dan nilai-nilai Islam : amanah dan kejujuran,
musyawarah selalu berdoa, tolong menolong, dan halaalan thoyiban, merupakan
faktor yang mendukung kesuksesan pengusaha perempuan muslim, yang mana
nilai-nilai Islam ini bersumber dari Allah SWT terdapat dalam Al-Quran dan AlHadis. Islam merupakan agama yang memberikan pedoman dan pandangan hidup
manusia dalam kehidupannya di dunia untuk mencari pahala sebagai bekal
menuju akhirat. Selain itu faktor penentu kesuksesan lainnya adalah berasal dari
pendidikan, dukungan keluarga, modal usaha, dan inspirasi sukses (role model).
Keywords : | Muslim women entrepreneurs, Islamic values, successful business, perempuan pengusaha muslim, nilai-nilai islam, bisnis sukses |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Angelia Dyah |
Date Deposited: | 29 Dec 2020 01:58 |
Last Modified: | 29 Dec 2020 02:00 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/7886 |