RAHASIA SUKSES PEREMPUAN PENGUSAHA MUSLIM (Studi Naratif pada Catering Anisa Semarang)

NOVITANINGTYAS, Angelia Dyah Ika and MAS'UD, Fuad and PERDHANA, Mirwan Surya,(11 December 2020), RAHASIA SUKSES PEREMPUAN PENGUSAHA MUSLIM (Studi Naratif pada Catering Anisa Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (0B)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (0B)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (0B)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (0B)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (0B)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (0B) | Request a copy

Abstract

Dalam bidang ekonomi, wirausaha disebut sebagai pejuang bangsa hal ini dikarenakan ketahanan nasional dapat meningkat dengan kehadiran mereka, selain itu juga mengurangi ketergantungan pada bangsa lain. Kewirausahaan perempuan berarti usaha didirikan dan dikelola oleh perempuan, Islam menganggap wanita memiliki hak istimewa yang tidak dimiliki oleh system lain. Penelitian ini bertujuan untuk menganalis rahasia sukses perempuan pengusaha muslim dengan melihat latar belakang keluarga, karakteristik kepribadian dan nilai-nilai Islam yang mendorong kesuksesan bisnis serta faktor-faktor penentu keberhasilan bisnis lainnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif naratif. Menurut Creswell (2007) penelitian naratif biasanya berfokus pada studi satu orang atau individu tunggal serta bagaimana individu ini memberikan makna terhadap pengalamannya melalui cerita-cerita yang disampaikan, pengumpulan data dengan cara mengumpulkan cerita, pelaporan pengalaman individu dan membahas arti pengalaman itu bagi individu. sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder yang didapatkan dari wawancara langsung mendalam dengan narasumber yaitu pengusaha perempuan muslim di Kota Semarang yang bergerak dalam bidang kuliner (catering) dimana usahanya sudah berdiri lebih dari 15 tahun fokus pada satu narasumber. Penelitian ini diharapkan dapat menjawab pertanyaan apakah latar belakang keluarga, karakteristik kepribadian serta nilai-nilai Islam mendukung kesuksesan pengusaha perempuan muslim dalam mendirikan bisnis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa latar belakang keluarga, karakteristik kepribadian seperti motivasi bekerja keras, disiplin, dan nilai-nilai Islam : amanah dan kejujuran, musyawarah selalu berdoa, tolong menolong, dan halaalan thoyiban, merupakan faktor yang mendukung kesuksesan pengusaha perempuan muslim, yang mana nilai-nilai Islam ini bersumber dari Allah SWT terdapat dalam Al-Quran dan AlHadis. Islam merupakan agama yang memberikan pedoman dan pandangan hidup manusia dalam kehidupannya di dunia untuk mencari pahala sebagai bekal menuju akhirat. Selain itu faktor penentu kesuksesan lainnya adalah berasal dari pendidikan, dukungan keluarga, modal usaha, dan inspirasi sukses (role model).
Keywords : Muslim women entrepreneurs, Islamic values, successful business, perempuan pengusaha muslim, nilai-nilai islam, bisnis sukses
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Angelia Dyah
Date Deposited: 29 Dec 2020 01:58
Last Modified: 29 Dec 2020 02:00
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/7886

Actions (login required)

View Item
View Item