ANALISIS PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN PENERAPAN SCM TERHADAP KINERJA BISNIS UKM RITEL FASHION JAWA TENGAH DENGAN KEUNGULAN KOMPETITIF SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

AGUSTA, Anthony and WAHYUDI, H. Sugeng and DJASTUTI, Hj. Indi,(22 March 2019), ANALISIS PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN PENERAPAN SCM TERHADAP KINERJA BISNIS UKM RITEL FASHION JAWA TENGAH DENGAN KEUNGULAN KOMPETITIF SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (0B)
[thumbnail of Abstrak-Inggris] Text (Abstrak-Inggris) - Published Version
Download (0B)
[thumbnail of Abstrak-Indonesia] Text (Abstrak-Indonesia) - Published Version
Download (0B)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (0B)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (0B)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (0B) | Request a copy

Abstract

Penelitian yang difokuskan pada UKM ritel fashion di Jawa Tengah ini bertujuan utama untuk menganalisa pengaruh dari orientasi kewirausahaan dan penerapan SCM terhadap keunggulan kompetitif serta kinerja bisnis. Penurunan kinerja bisnis UKM di Jawa Tengah pada tahun 2017 merupakan masalah utama penelitian ini. Diharapkan dengan ektiga variabel yang diteliti dapat meningkatkan kinerja bisnis dari UKM di Jawa Tengah, khususnya UKM ritel fashion di Jawa Tengah. Berdasarkan dari penelitian terdahulu, peningkatan kinerja dapat dilakukan dengan menerapkan SCM dan orientasi kewirausahaan untuk menciptakan keunggulan kompetitif yang dapat bekerja secara simultan dalam meningkatkan kinerja bisnis. Penelitian dilakukan dengan cara menyebar kuesioner yang nantinya dilakukan pengolahan data secara statistik. Populasi dari penelitian ini adalah UKM ritel fashion di Jawa Tengah, dimana jumlah populasinya tidak diketahui. Responden dari penelitian ini adalah pengambil keputusan dengan jumlah total 150 orang dari UKM ritel fashion yang tersebar di beberapa kota di Jawa Tengah. Pengolahan data adalah menggunakan metode SEM dengan menggunakan bantuan perangkat lunak AMOS. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan adalah terdapat hubungan signifikan positif antara variabel keunggulan kompetitif terhadap kinerja bisnis, penerapan SCM terhadap kinerja bisnis, orientasi kewirausahaan terhadap kinerja bisnis, penerapan SCM terhadap keunggulan kompetitif, serta orientasi kewirausahaan terhadap keunggulan kompetitif. Keunggulan kompetitif berfungsi sebagai variabel mediator parsial. Keterbatas waktu pengisian kuesioner oleh responden, nilai normalitas data yang masih cukup tinggi, dan nilai R squared yang masih kurang besar menjadi beberapa keterbatasan yang terdeteksi pada penelitian ini. Akan tetapi, disamping keterbatasan yang ada originalitas dari penelitian ini mampu memperkaya celah penelitian yang teridentifikasi oleh penulis, serta mampu memperkuat beberapa teori dari penelitian terdahulu. Hasil penelitian ini diharapkan dapat diadopsi menjadi strategi perusahaan kedepannya, terutama oleh UKM ritel fashion di Jawa Tengah khususnya.
Keywords : Entrepreneurial Orientation, SCM Practices, Competitive Advantage, Business Performance, SME, Orientasi Kewirausahaan, Penerapan SCM, Keunggulan Kompetitif, Kinerja Bisnis, UKM
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Yuwono Yuwono
Date Deposited: 29 Dec 2020 02:33
Last Modified: 29 Dec 2020 02:33
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/7893

Actions (login required)

View Item
View Item