EMPOWERING POSITIONAL ADVANTAGE: TINJAUAN DARI BUSINESS RELATIONSHIPS DAN STRATEGIC COLLABORATION (Sebuah Investigasi Pada UKM Penyelenggara Pernikahan)

YUSWONO, Irawan and FERDINAND, Augusty Tae,(4 January 2021), EMPOWERING POSITIONAL ADVANTAGE: TINJAUAN DARI BUSINESS RELATIONSHIPS DAN STRATEGIC COLLABORATION (Sebuah Investigasi Pada UKM Penyelenggara Pernikahan). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (224kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (385kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (292kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (197kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (483kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Studi ini bertujuan membangun model teoritis dan untuk mengatasi kontroversi (research gap) dengan menempatkan smart collaboration positional advantage sebagai variabel baru. Dalam upaya meraih kolaborasi strategis dengan mengadopsi teori Resource Advantage Theory of Competition (Hunt & Morgan, 1995). Menguji dampak smart collaboration positional advantage terhadap sales performance, disamping itu mengkorfirmasi dampak dari social media usage terhadap saleperson adaptive selling behavior yang dapat meningkatkan sales performance. Studi ini dilakukan pada UKM penyelenggara pernikahan di Indonesia dengan jumlah responden 175 orang pemilik/pengelola. Pengukuran variabel dengan menggunakan multiple indicator, selanjutnya dianalis menggunakan Structural Equation Modeling dengan AMOS 24 dan SPSS 24. Hasilpengujian kelayakan SEM telah memenuhi kriteria; χ2-Chi-square (207,652), CMIN/DF 1,160 (≤ 2,00) Probability 0.070 (≥0.05), RMSEA 0.030 (≤0.08), GFI 0.900 (≥0.90), AGFI 0.871 (≥0.90), TLI 0.979 (≥0.95), CFI 0.982 (≥0.95). Temuan-temuan studi ini : (1) Memiliki ambisi yang kuat untuk memenangkan persaingan (2) kolaborasi strategis untuk mendapatkan manfaat dan keuntungan (3) Penggunaan media sosial yang dapat menarik pelanggan baru (4) kinerja penjualan dapat diraih dengan penguatan pada kolaborasi strategis dan adaptasi penjualan tenaga penjual. Temuan empiris membuktikan bahwa untuk mecapai kinerja penjualan perusahan yang tinggi, manajemen UKM penyelenggaran pernikahan perlu memperhatikan orientasi kewirausahaan, kemampuan membangun kolaborasi strategis antar perusahaan lain, pemanfaatan teknologi dengan menggunakan platform media sosial seperti Facebook dan Instagram dan meningkatkan kemampuan tenaga penjual dalam memodifikasi presentasi penjualan.
Keywords : entrepreneurial orientation, smart collaboration positional advantage, adaptive selling, social media usage, and sales performance, entrepreneurial orientation, smart collaboration positional advantage, adaptive selling, social media usage dan sales performance
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Irawan Yuswono
Date Deposited: 25 Jan 2021 08:15
Last Modified: 25 Jan 2021 08:15
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8066

Actions (login required)

View Item
View Item