MISIDAWATI, Dwi Novaria M and FERDINAND, Augusty Tae and SOFYAN, H. Syuhada,(February 2014), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA PELAYANAN DI PUSKESMAS KOTA TEGAL. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (4MB)
Download (4MB)
Text (Abstract (Inggris))
- Published Version
Download (4MB)
Download (4MB)
Text (Abstrak (Indinesia))
- Published Version
Download (4MB)
Download (4MB)
Text (Daftar isi)
- Published Version
Download (4MB)
Download (4MB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (4MB)
Download (4MB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
Abstract
Pelayanan menjadi hal yang penting bagi Puskesmas di Indonesia. Puskesmas
merupakan suatu penyedia jasa atau pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Dengan
melihat semakin tingginya tuntutan lingkungan terhadap kualitas pelayanan, diperlukan
usaha peningkatan kinerja pelayanan dengan membandingkan antara layanan yang
diharapkan dengan layanan yang dirasakan oleh masyarakat. Penelitian ini menganalisis
faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pelayanan Puskesmas di Kota Tegal. Rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kinerja pelayanan di
Puskesmas Kota Tegal. Penelitian ini mengembangkan model penelitian dan enam
hipotesis guna menjawab permasalahan yang ada. Responden dalam penelitian ini
sebanyak 200 orang. Para responden tersebut merupakan para pasien atau pengunjung di
Puskesmas Kota Tegal. Penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling
(SEM) yang dijalankan melalui AMOS 4.00 sebagai alat analisisnya. Hasil analisis
data menunjukkan bahwa model penelitian dan hasilnya dapat diterima. Hasil
penelitian membuktikan bahwa kompetensi berpengaruh terhadap kedisiplinan petugas,
kualitas pelayanan dan kinerja pelayanan, sedangkan kedisiplinan petugas dan kualitas
pelayanan berpengaruh terhadap kinerja pelayanan dan kelengkapan fasilitas
berpengaruh terhadap kompetensi. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan
bahwa model tersebut dapat diterima
Berdasarkan hasil penelitian ini maka implikasi teoritis yang dapat memberikan
justifikasi yang lebih kuat bagi faktor yang mempengaruhi kinerja pelayanan, seperti
kedisiplinan petugas, kualitas pelayanan dan kompetensi. Implikasi manajerial dari
penelitian ini adalah pihak Puskesmas perlu memberi perhatian lebih terhadap pelayanan
yang diberikan oleh petugas kepada pasien, Puskesmas di Kota Tegal perlu
meningkatkan pelayanan kepada pasien dan pimpinan Puskesmas perlu memberi contoh
dan dorongan kepada para bawahannya agar meningkatkan kinerja pelayanannya.
Berdasarkan atas keterbatasan yang ada, agenda untuk penelitian mendatang
perlu menambahkan variabel-variabel yang mempengaruhi kinerja pelayanan dan
memperbaiki metode pengambilan sampelnya.
Keywords : | Kata kunci : kinerja pelayanan, kedisiplinan, kualitas pelayanan, kelengkapan fasilitas, kompetensi., Kata kunci : kinerja pelayanan, kedisiplinan, kualitas pelayanan, kelengkapan fasilitas, |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Handri Herawati |
Date Deposited: | 22 Apr 2021 06:51 |
Last Modified: | 22 Apr 2021 06:51 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8139 |