ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA PELAYANAN DI PUSKESMAS KOTA TEGAL

MISIDAWATI, Dwi Novaria M and FERDINAND, Augusty Tae and SOFYAN, H. Syuhada,(February 2014), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA PELAYANAN DI PUSKESMAS KOTA TEGAL. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (4MB)
[thumbnail of Abstract (Inggris)] Text (Abstract (Inggris)) - Published Version
Download (4MB)
[thumbnail of Abstrak (Indinesia)] Text (Abstrak (Indinesia)) - Published Version
Download (4MB)
[thumbnail of Daftar isi] Text (Daftar isi) - Published Version
Download (4MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (4MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pelayanan menjadi hal yang penting bagi Puskesmas di Indonesia. Puskesmas merupakan suatu penyedia jasa atau pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Dengan melihat semakin tingginya tuntutan lingkungan terhadap kualitas pelayanan, diperlukan usaha peningkatan kinerja pelayanan dengan membandingkan antara layanan yang diharapkan dengan layanan yang dirasakan oleh masyarakat. Penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pelayanan Puskesmas di Kota Tegal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kinerja pelayanan di Puskesmas Kota Tegal. Penelitian ini mengembangkan model penelitian dan enam hipotesis guna menjawab permasalahan yang ada. Responden dalam penelitian ini sebanyak 200 orang. Para responden tersebut merupakan para pasien atau pengunjung di Puskesmas Kota Tegal. Penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) yang dijalankan melalui AMOS 4.00 sebagai alat analisisnya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa model penelitian dan hasilnya dapat diterima. Hasil penelitian membuktikan bahwa kompetensi berpengaruh terhadap kedisiplinan petugas, kualitas pelayanan dan kinerja pelayanan, sedangkan kedisiplinan petugas dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kinerja pelayanan dan kelengkapan fasilitas berpengaruh terhadap kompetensi. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa model tersebut dapat diterima Berdasarkan hasil penelitian ini maka implikasi teoritis yang dapat memberikan justifikasi yang lebih kuat bagi faktor yang mempengaruhi kinerja pelayanan, seperti kedisiplinan petugas, kualitas pelayanan dan kompetensi. Implikasi manajerial dari penelitian ini adalah pihak Puskesmas perlu memberi perhatian lebih terhadap pelayanan yang diberikan oleh petugas kepada pasien, Puskesmas di Kota Tegal perlu meningkatkan pelayanan kepada pasien dan pimpinan Puskesmas perlu memberi contoh dan dorongan kepada para bawahannya agar meningkatkan kinerja pelayanannya. Berdasarkan atas keterbatasan yang ada, agenda untuk penelitian mendatang perlu menambahkan variabel-variabel yang mempengaruhi kinerja pelayanan dan memperbaiki metode pengambilan sampelnya.
Keywords : Kata kunci : kinerja pelayanan, kedisiplinan, kualitas pelayanan, kelengkapan fasilitas, kompetensi., Kata kunci : kinerja pelayanan, kedisiplinan, kualitas pelayanan, kelengkapan fasilitas,
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Handri Herawati
Date Deposited: 22 Apr 2021 06:51
Last Modified: 22 Apr 2021 06:51
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8139

Actions (login required)

View Item
View Item