ANALISIS PENGARUH PENGINDERAAN PASAR, PEMASARAN KEWIRAUSAHAAN, KEMAMPUAN JARINGAN, DAN KEUNGGULAN BERSAING TERHADAP KINERJA PEMASARAN (Studi Pada UKM Makanan & Minuman di Kota Semarang)COVER

CHOIRUNNISA, Choirunnisa,(16 May 2018), ANALISIS PENGARUH PENGINDERAAN PASAR, PEMASARAN KEWIRAUSAHAAN, KEMAMPUAN JARINGAN, DAN KEUNGGULAN BERSAING TERHADAP KINERJA PEMASARAN (Studi Pada UKM Makanan & Minuman di Kota Semarang)COVER. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Daftar isi] Text (Daftar isi) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah pengaruh penginderaan pasar, pemasaran kewirausahaan, kemampuan jaringan, dan keunggulan bersaing mempunyai pengaruh terhadap kinerja pemasaran pada UKM makanan dan minuman di Kota Semarang. Permasalahan penelitian yang diajukan dalam penelitian ini mangacu pada research gap dari penelitian terdahulu, oleh sebab itu perumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana proses penginderaan pasar dan pemasaran kewirausahaan dapat meningkatkan kinerja pemasaran. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 200 responden UKM makanan dan minuman di Kota Semarang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu probability sampling dengan metode simple random sampling.Alat analisis yang digunakan yaitu stuctural equation model (SEM) pada program AMOS. Hasil analisis data untuk model secara keseluruhan telah memenuhi kriteria Goodness Of Fit yaitu nilai chi-square = 213,800; probability = 0,059; CMIN/DF = 1,168; GFI = 0,901; AGFI = 0,875; TLI = 0,988; CFI = 0,989; RMSEA = 0,029. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa model penelitian yang diajukan dapat diterima. Penelitian ini mempunyai 5 hipotesis dan sudah diuji, ada 1 hipotesis yang ditolak dan 4 diterima. Hipotesis 1 penginderaan pasar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing. Hipotesis 2 pemasaran kewirausahaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan jaringan. Hipotesis 3 keunggulan bersaing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Hipotesis 4 kemampuan jaringan memiliki pengarug positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing. Hipotesis 5 kemampuan jaringan memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kinerja pemasaran.
Keywords : Market Sensing, entrepreneurial marketing, Competitive Advantages, Networking Capability, and Marketing Performance, Penginderaan Pasar, Pemasaran Kewirausahaan, Keunggulan Bersaing, Kemampuan Jaringan, dan Kinerja Pemasaran.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Yuwono Yuwono
Date Deposited: 22 Apr 2021 06:48
Last Modified: 22 Apr 2021 06:48
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8140

Actions (login required)

View Item
View Item