ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIATOR (Studi pada Pengguna Jasa PT. Pos Indonesia di Semarang)

ANNISA, Annisa and DWIYANTO, Bambang Munas,(20 April 2021), ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIATOR (Studi pada Pengguna Jasa PT. Pos Indonesia di Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (37kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (71kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (71kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (194kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (214kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

PT. Pos Indonesia merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang jasa pengiriman surat, paket, dan uang. Munculnya berbagai pilihan jasa kurir di Indonesia menyebabkan persaingan yang ketat antara PT. Pos Indonesia dengan perusahaan kurir swasta, seperti JNE, J&T Express, dan Tiki. Pasar yang awalnya merupakan pasar monopoli dengan PT. Pos Indonesia sebagai pemain utama, saat ini semakin tergerus dengan perkembangan perusahaan kurir swasta yang sangat pesat. Persaingan ketat juga terjadi di sektor jasa keuangan, yaitu dengan munculnya berbagai perusahaan yang menciptakan aplikasi dompet digital yang memudahkan penggunanya untuk melakukan transaksi keuangan dimanapun dan kapanpun mereka inginkan seperti GoPay, DANA, OVO, dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh kualitas layanan, kepercayaan, dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan untuk menggunakan layanan dari PT. Pos Indonesia. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Semarang yang pernah menggunakan jasa kurir PT. Pos Indonesia dalam kurun waktu satu tahun terakhir. Sampel yang digunakan sebanyak 167 responden. Metode pengumpulan sampel menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran kuesioner secara online melalui google form. Penelitian ini menggunakan analisis Structural Equation Modelling (SEM) dengan alat analisis AMOS 24.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas layanan dan kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan. Serta kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan.
Keywords : service quality, trust, customer satisfaction, customer loyalty, PT. Pos Indonesia, kualitas layanan, kepercayaan, kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan, PT. Pos Indonesia
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Annisa Ermanto
Date Deposited: 03 May 2021 04:38
Last Modified: 02 Jun 2021 06:17
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8342

Actions (login required)

View Item
View Item