PENGARUH MANAJEMEN RANTAI PASOKAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING DAN KINERJA BISNIS (Studi Empiris pada Sentra Pengrajin Tahu di Kota Magelang)

KARUNIA, Sinta Putri and KUSUMAWARDHANI, Amie and RAHARDJO, Susilo Toto,(18 April 2018), PENGARUH MANAJEMEN RANTAI PASOKAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING DAN KINERJA BISNIS (Studi Empiris pada Sentra Pengrajin Tahu di Kota Magelang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang pengaruh manajemen rantai pasokan terhadap keunggulan bersaing dan kinerja bisnis (studi empiris pada sentra pengrajin tahu di kota Magelang). Studi ini menjadi pengembangan dari studi yang dilakukan oleh Li et al. (2006) yang meneliti hubungan antara SCM terhadap keunggulan bersaing (competitive advantage) dan melihat pengaruhnya terhadap kinerja bisnis (business performance). Dari hasil wawancara di awal, permasalahan studi ini adalah adanya fenomena bahwa jumlah pengrajin tahu di Sentra Pengrajin Tahu Magelang meningkat tetapi jumlah produksi tahu dan penjualan menurun dari tahun ke tahun. Hal ini diakibatkan karena pedagang tahu (yang membeli tahu dari pengrajin tahu) menekan harga jual tahu dari pengrajin tahu sehingga pengrajin tahu menurunkan jumlah produksi dan penjualan juga kian menurun dari tahun ke tahun. Selain itu juga pengrajin tahu mencari supplier pedagang kedelai yang bisa dihutang dan satu pengrajin dapat memiliki banyak supplier pedagang kedelai. Penelitian ini memberikan kesimpulan, Pertama, terdapat pengaruh positif yang signifikan antara strategic supplier partnership terhadap competitive advantage. Kedua, tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara customer relationship dan level of information sharing terhadap competitive advantage. Ketiga, terdapat pengaruh positif yang signifikan antara competitive advantage, strategic supplier partnership dan customer relationship terhadap business performance. Keempat, tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara level of information sharing terhadap business performance.
Keywords : business performance, competitive advantage, strategic supplier partnership, customer relationship, level of information sharing, business performance, competitive advantage, strategic supplier partnership, customer relationship, level of information sharing
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Yuwono Yuwono
Date Deposited: 05 May 2021 04:11
Last Modified: 05 May 2021 04:11
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8385

Actions (login required)

View Item
View Item