STUDI MENGENAI KEMENARIKAN TUJUAN WISATA DAN KETERLIBATAN PENGUNJUNG SEBAGAI PENDORONG BAGI NIAT BERKUNJUNG KEMBALI (Studi empirik pada tujuan-tujuan wisata kota Semarang)

KHOLILURROHMAN, M. and FERDINAND, Augusty Tae,(7 November 2018), STUDI MENGENAI KEMENARIKAN TUJUAN WISATA DAN KETERLIBATAN PENGUNJUNG SEBAGAI PENDORONG BAGI NIAT BERKUNJUNG KEMBALI (Studi empirik pada tujuan-tujuan wisata kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (733kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (698kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (699kB)
[thumbnail of Daftar isi] Text (Daftar isi) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (833kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini didasari oleh research gap antara keterlibatan pengunjung dan niat berkunjung kembali. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan model konseptual bagaimana proses destination attarctiveness dan keterlibatan pengunjung memberikan pengaruh positif terhadap niat berkunjung kembali melalui keterikatan tujuan wisata. Menggunakan sampel 170 responden pengunjung wisata kota Semarang. Teknik pengumpulan sampel yang dugunakan adalah purposive sampling. Metode analisis menggunakan model persamaan struktural (SEM). Hasil kriteria goodness of fit adalah Chi-Square = 125,009; Probability = 0,000; CMIN/DF = 1,736; GFI = 0,906; AGFI = 0,864; TLI = 0,953; CFI = 0,963; dan RMSEA = 0,066. Model secara umum diterima dengan baik. Dengan demikian model dinyatakan layak untuk digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tiga hipotesis berpengaruh positif dan signifikan, yakni kemenarikan tujuan wisata terhadap keterlibatan pengunjung, keterlibatan pengunjung terhadap keterikatan tujuan wisata, dan keterikatan tujuan wisata terhadap niat berkunjung kembali. Namun dua hipotesis ditolak, yakni kemenarikan tujuan wisata terhadap keterikatan tujuan wisata dan keterlibatan pengunjung terhadap niat berkunjung kembali. Penelitian ini masih terdapat keterbatasan yang dapat menjadi pertimbangan untuk penelitian selanjutnya.
Keywords : destination attractiveness, tourist involvement, destination attachment, revisit intention, Kemenarikan tempat wisata, keterlibatan pengunjung, keterikatan tujuan wisata, dan niat berkunjung kembali
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Yuwono Yuwono
Date Deposited: 06 May 2021 06:21
Last Modified: 06 May 2021 06:21
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8429

Actions (login required)

View Item
View Item