UTOMO, Setiawan Hendra and SUKRESNA, I Made,(21 February 2019), STUDI TENTANG MINAT MEMAKAI ULANG PRODUK SMARTPHONE MEREK XIAOMI PADA KOMUNITAS MI FANS DI JAWA TENGAH. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan adanya fenomena penggunaan internet dalam menopang bisnis sebuah perusahaan. Xiaomi, Inc salah satu perusahaan yang telah menggunakan media internet dengan maksimal untuk melakukan ekspansi bisnis yang masif. Xiaomi memperkenalkan mereknya ke seluruh dunia secara efektif dan efisien melalui internet. Mi Community yang merupakan komunitas merek terbesar di dunia, merupakan tempat para loyalis merek Xiaomi yang biasa disebut Mi Fans, melakukan interaksi menyebarkan eWOM guna memperkenalkan keunggulan produk smartphone merek Xiaomi yang memiliki kesesuaian antara harga dan kemampuan yang bagus. Selain itu, adanya kesenjangan penelitian tentang hubungan yang inkonsistensi antara variabel manfaat yang diperoleh, pengalaman merek dan interaksi komunitas sebagai variabel bebas terhadap keterikatan komunitas dan minat memakai ulang pada anggota komunitas sebagai variabel terikat.
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menjembatani kesenjangan penelitian dan memberikan penjelasan mengenai bagaimana sebuah komunitas merek online dapat mempengaruhi minat beli ulang pada produk atau merek. Penelitian ini mengambil jumlah responden sebanyak 110 sampel pada anggota komunitas Mi Fans di Jawa Tengah. Structural Equation Modeling (SEM) pada software AMOS dipergunakan untuk melakukan analisis data dalam penelitian ini.
Hasil pengujian full model melalui analisis SEM dihasilkan nilai Chi Square = 115.301, Probability 0.371, CMIN/DF = 1.039, GFI = 0.901, AGFI = 0.863, TLI = 0.994, CFI = 0.995, RMSEA = 0.019. Indeks kriteria menunjukkan bahwa model fit walau terdapat kriteria marjinal. Uji hipotesis membuktikan bahwa manfaat yang diperoleh berpengaruh terhadap keterikatan komunitas, pengalaman merek berpengaruh terhadap keterikatan komunitas, interaksi komunitas berpengaruh terhadap keterikatan komunitas dan minat memakai ulang dipengaruhi oleh keterikatan komunitas.
Keywords : | Online Brand Community, Perceived Benefits, Brand Experience, Community Interaction, Community Engagement, Re-use Intention, Komunitas Merek Online, Manfaat yang diperolej, Pengalaman Merek, Interaksi Komunitas, Keterikatan Komunitas, Minat Memakai Ulang |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Yuwono Yuwono |
Date Deposited: | 06 May 2021 07:01 |
Last Modified: | 06 May 2021 07:01 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8431 |