ANALISIS PENGARUH KEPERCAYAAN AWAL DAN PERSEPSI MANFAAT TERHADAP NIAT PERILAKU ADOPSI MOBILE PAYMENT (Studi pada Pengguna Mobile Payment Indonesia)

HARTIWI, Tina and SUKRESNA, I Made,(10 May 2019), ANALISIS PENGARUH KEPERCAYAAN AWAL DAN PERSEPSI MANFAAT TERHADAP NIAT PERILAKU ADOPSI MOBILE PAYMENT (Studi pada Pengguna Mobile Payment Indonesia). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Daftar isi] Text (Daftar isi) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pertumbuhan pengguna mobile payment di Indonesia cukup lambat dibandingkan dengan Negara lainnnya, maka penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor – faktor yang mempengaruhi niat perilaku adopsi mobile payment. Variabel yang digunakan untuk mengukur niat perilaku adopsi mobile payment adalah persepsi kenyamanan, persepsi kemudahan penggunaan, persepsi keamanan, kepercayaan awal dan persepsi manfaat. Sampel penelitian ini adalah pengguna mobile payment di beberapa kota khususnya wilayah Jawa. Metode pengambilan sampel dengan menggunakan non probability sampling dengan teknik purposive sampling melalui kuesioner dan google form skala likert 1-5, sehingga diperoleh 227 sampel pengguna mobile payment dari beberapa kota di Jawa. Analisis data penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif SEM (Structural Equation Modeling) dengan software AMOS 24 (Analysis of Moment Structure), sedangkan uji validitas dan reliabilitas menggunakan software SPSS 23. Penelitian ini terdiri dari 7 hipotesis yang diajukan, hasil penelitian membuktikan terdapat 6 hipotesis diterima dan terbukti berpengaruh positif signifikan yaitu pada hubungan : 1) Pesepsi kemudahan penggunaan dengan persepsi manfaat, 2) persepsi kemudahan penggunaan dengan kepercayaan awal, 3) persepsi keamanan dengan kepercayaan awal, 4) kepercayaan awal dengan persepsi manfaat, 5) kepercayaan awal dengan niat perilaku adopsi mobile payment dan 6) persepsi manfaat dengan niat perilaku adopsi mobile payment. Pada penelitian ini terdapat 1 hipotesis ditolak yaitu persepsi kenyamanan tidak berpengaruh signifikan terhadap persepsi manfaat. Hal ini membuktikan bahwa niat perilaku adopsi mobile payment dipengaruhi oleh persepsi manfaat, tetapi tidak didukung oleh persepsi kenyamanan. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan pemahaman terhadap pemasar untuk menyusun strategi dalam rangka meningkatkan niat perilaku adopsi mobile payment, sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan pengguna mobile payment.
Keywords : perceived enjoyment, perceived ease of use, perceived security, initial trust, perceived usefulness, behavioral intention to adopt mobile payment, persepsi kenyamanan, persepsi kemudahan penggunaan, persepsi keamanan, kepercayaan awal, persepsi manfaat, niat perilaku adopsi mobile payment
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Yuwono Yuwono
Date Deposited: 10 May 2021 05:48
Last Modified: 10 May 2021 05:48
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8462

Actions (login required)

View Item
View Item